Pilih Laman
Seri Seminar Online: Inovasi Pembangunan Stadion ISTORA di Papua

10 Februari 2021

Oleh: Humas UNTAR

Magister Arsitektur Untar mengadakan Seri Seminar Online ke-9, menghadirkan Narasumber Associate Architect PT Unitri Cipta Bayu Paramudita, Project Manager PT Pembangunan Perumahan (PP) Ir. Joko Nugroho, S.T., Founder Mandala Putera Prima Han Ch Ichsan, S.T., M.M., dan Managing Director Rafi Yudiansyah, S.T., M.M., pada Rabu (10/2).

Kaprodi Magister Arsitektur Untar Dr. Ir. Naniek Widayati Priyomarsono, M.T. menyampaikan, bahwa seminar yang berjudul “Inovasi Pembangunan Stadion ISTORA di Papua” merupakan cara efektif untuk berbagi ilmu selama pandemi.
“Dalam masa pandemi, webinar seri adalah salah satu cara yang sangat  efektif dalam menjalin relasi dan membagi keilmuan,” katanya.
Ketua II Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta Sandhy P.H. Sihotang, IAI selaku Co-Host mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan berbagi informasi kepada para peserta.
”Acara seminar dapat menambah informasi dan meningkatkan kemampuan, terutama  pada fasilitas olahraga yang memiliki kriteria khusus,” katanya.
Dalam pembukaannya, Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menyatakan bahwa penting berkolaborasi untuk meningkatkan proses pembelajaran yang berbasis program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.
“Kami dari perguruan tinggi sangat terbuka untuk melakukan kolaborasi. Pemerintah sekarang sudah meluncurkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Dalam program tersebut, terdapat 8 Indikator Kinerja Utama (IKU). Salah satunya adalah para praktisi kembali ke kampus untuk mengajar dan  memberikan informasi dari pengalaman lapangan yang dimiliki. Kedua adalah karya dosen dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Ketiga, program studi harus mempunyai mitra. Keempat, mahasiswa melakukan pembelajaran interaktif, komunikatif, dan berbasis pada project. Berbasis pada project artinya mahasiswa akan memiliki pengalaman lapangan. Apa yang dilakukan hari ini sangat relevan dengan konsep merdeka belajar dan kampus merdeka,” katanya.
Dengan dimoderatori Ir. Timmy Setiawan, M.Ars. seminar diisi dengan pemaparan oleh para narasumber. Dalam paparannya mengenai perencanaan ISTORA Papua, Associate Architect PT Unitri Cipta Bayu Paramudita menjelaskan tentang perencanaan dan perancangan dalam membangun Stadion ISTORA yang berciri khas Papua. Project Manager PT Pembangunan Perumahan (PP) Ir. Joko Nugroho, S.T. memaparkan apa yang menjadi tantangan, masalah yang perlu diperhatikan, dan hal lain dalam inovasi pelaksanaan pembangunan ISTORA Papua. Founder Mandala Putera Prima Han Ch Ichsan, S.T., M.M. dan Managing Director Rafi Yudiansyah, S.T., M.M menjelaskan tentang perencanaan lighting untuk Multi Sports dan kegiatan serbaguna. -AS-

-JS-

10 Februari 2020, KS, PKM.