Pilih Laman
UMKM Perlu Manfaatkan Teknologi Informasi

11 Desember 2020

Oleh: Humas UNTAR

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Rousilita Suhendah, S.E., MSi., Ak., CA menjadi narasumber dalam acara “Aplikasi Akuntansi bagi UMKM” yang disiarkan secara daring, Jumat (11/12).

Selama 2 jam, Ibu Rousilita memaparkan terkait pentingnya optimalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). “Jumlah UMKM di Indonesia saat ini adalah 64 juta usaha atau hampir 99,9 persen dari keseluruhan usaha yang beroperasi di Indonesia, dan memiliki 117 juta tenaga kerja,” ungkapnya.

Menurut Ibu Rousilita, pemanfaatan teknologi informasi dapat hadir sebagai jawaban atas permasalahan yang dihadapi UMKM. “Masalah yang seringkali dihadapi UMKM adalah mengenai ketersediaan bahan baku, permodalan, aspek manajemen sumber daya manusia, serta aspek pencatatan administrasi laporan keuangan yang masih dilakukan secara manual,” tuturnya.

“Aplikasi akuntansi dapat hadir sebagai jawaban permasalahan terakhir. UMKM diharapkan dapat menggunakan teknologi informasi untuk menyajikan laporan keuangan, sehingga lebih akurat dan praktis,” sambung Ibu Rousilita.

Acara ini merupakan salah satu rangkaian dari acara Webinar Series “Pemanfaatan Teknologi dan Informasi bagi UMKM” yang diselenggarakan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untar. Seminar yang merupakan seri terakhir, dihadiri ratusan mahasiswa dan dosen. -AW-

-JS-

11 Desember 2020, PKM, KS.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar