Pilih Laman
Seminar Online Nasional: Potensi Industri Jepara dalam Rangka membidik pasar Azerbaijan dan Eropa Timur

27 Juli 2020

Oleh: Nectar.id

Seminar Daring Nasional ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan dengan dilatarbelakangi merebaknya wabah Covid-19 yang berdampak besar terhadap dunia industri  melemahnya pasar ekspor. Diselenggarakan pada Senin, 27 Juli 2020 oleh Untar bekerjasama dengan Kedutaan Besar RI di Azerbaijan, Kementerian Perdagangan RI, KADIN Jepara dan dilaksanakan tim gabungan FSRD Untar dalam rangka berbagi informasi kepada pihak pemerintah, industri, pakar ekspor, akademisi dan juga masyarakat.

Seminar Daring Nasional ini mengangkat topik “Potensi Industri di Jepara Dalam Rangka Membidik Pasar Azerbaijan dan Eropa Timur (Persiapan setelah wabah Covid-19)” dengan menghadirkan 2 narasumber utama, yaitu Prof. Dr. H. Husnan Bey Fananie, M.A yang adalah Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Demokrasi Azerbaijan dan Dr. Ir. Kasan Muhri, M.M selaku Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Sesi pertama langsung dibuka oleh Prof. Dr. H. Husnan dari kantor kedutaan besar RI di Ibukota Azerbaijan, Baku. Narasumber menyebutkan bahwa Indonesia dan Azerbaijan telah menjalin kerjasama dalam kegiatan ekspor dan impor berbagai komoditas, dan furniture dari kayu merupakan salah satu yang diminati. Ia juga menyampaikan bahwa jika para produsen bisa membidik produk mereka ke Azerbaijan maka Indonesia bisa mendapatkan peluang besar untuk masuk ke daerah Kaukasus dan Eropa Timur.

Dilanjutkan dengan topik Kebijakan Ekspor Furniture Indonesia di tengah wabah Covid-19 oleh Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia Dr. Ir. Kasan Muhri, M.M. Furnitur menjadi salah satu yang diprioritaskan untuk ekspor oleh pemerintah dan pertumbuhannya melebihi rata-rata pertumbuhan industri manufaktur. “Pemerintah telah melakukan berbagai strategi peningkatan ekspor furniture dimulai dari fokus produk dan pasar, memberikan relaksasi ekspor & impor untuk tujuan ekspor dan peningkatan daya saing seperti penguatan desain, paten industri dan sebagainya.”

Selain menghadirkan 2 narasumber di atas, kegiatan seminar daring nasional ini juga akan diisi oleh para penyumbang saran, diantaranya adalah Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T selaku Rektor Untar, H. Andang Wahyu Triyanto, S.E., M.M selaku ketua KADIN Jepara, Tenggono Chuandra Phoa yang merupakan praktisi bisnis internasional dan Dr. Eddy Supriyatna-Marizar, M.Hum selaku praktisi furniture, peneliti dan juga akademisi dari Untar.

Dengan menghadirkan beberapa narasumber yang mewakili berbagai pihak, mulai dari pemerintah, industri, pakar ekspor dan akademisi, diharapkan seminar daring ini dapat menjadi wadah untuk bertukar informasi, inspirasi serta kebijakan tentang prospek pasar ekspor di Azerbaijan dan Eropa Timur serta sebagai sumbang saran pemikiran dalam upaya dukungan bagi pengembangan industri furniture khususnya di Jepara dengan adanya dialog dan diskusi yang terjadi di antara berbagai pihak ini.

Kegiatan Seminar Daring Nasional ini dibawakan oleh Maitri Widya Mutiara, S.Ds., M.M sebagai host seminar dan dimoderatori oleh Paula Tjatoerwidya Anggarina, S.E., M.M yang merupakan Kepala Humas Untar dan Ir. Gun Sudiryanto, M.M selaku dekan dari FST Unisnu, Jepara. Kegiatan Seminar Daring Nasional ini juga disponsori oleh PT. Aica Indonesia. -NR-

-JS-

27 Juli 2020, KS, LIT, PKM.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar