Pilih Laman
Untar Tuan Rumah Kompetisi Ahli Robot Masa Depan

18 Januari 2020

Oleh: Humas UNTAR

Untar kembali menjadi tuan rumah Kompetisi Regional Greenmech dan Robot for Mission 2020 yang dibuka Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan di Kampus I Untar, Sabtu (18/1). Kompetisi ini merupakan kolaborasi antara Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi (PBKP) Untar dengan Rumah Edukasi.

Turut hadir dalam acara, Direktur Rumah Edukasi Mulia Anton, S.Psi., Psikolog dan Perwakilan Asosiasi Greenmech Indonesia Janto V. Sulungbudi.

Kompetisi yang bertujuan untuk mengembangkan semangat kreativitas dan kerja sama tim ini menggunakan prinsip saintifik yang mengkombinasikan 5 aspek pembelajaran dan pengembangan yang dikenal dengan istilah STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics). Terdapat 3 tingkat dalam kompetisi, yaitu tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas.

Rektor dalam kata sambutannya mengatakan bahwa, “acara ini dapat menjadi bekal bagi para peserta  menjadi ahli-ahli robot masa depan yang siap memajukan Indonesia. Siswa-siswi diajak untuk berpikir kreatif dan mengembangkan IPTEK sejak dini yang diperlukan di dunia industri maupun kehidupan sehari-hari. Kompetisi seperti ini penting dilaksanakan untuk mendukung Revolusi Industri 4.0 yang dicanangkan pemerintah.”

Direktur Rumah Edukasi sekaligus Ketua Penyelenggara Kompetisi Mulia Anton, S.Psi., Psikolog, secara khusus mengucapkan, “terima kasih kepada Untar yang telah bersedia menjadi tuan rumah keempat kalinya dan senantiasa mendukung kami memperjuangkan pendidikan STEAM bagi anak-anak, sehingga mereka dapat menyadari pentingnya praktik pembelajaran terintegrasi  sejak dini,” terang Alumni Fakultas Psikologi Untar tersebut.

Sejak 2012, Untar dan Rumah Edukasi telah bekerja sama dalam pelatihan robotik pada guru dan siswa.

Di tahun 2017, kompetisi ini mulai diadakan di Untar baik kompetisi tingkat Regional maupun Nasional.

Tim yang berhasil lolos kompetisi regional berkesempatan mengikuti kompetisi nasional yang akan dilaksanakan tanggal 18 April 2020 di Jakarta dan kompetisi internasional yang akan dilaksanakan di Thailand tanggal 6 Agustus 2020.

Daftar Pemenang Kompetisi Regional 2020 :

Greenmech Junior (Tingkat SD kelas 1 – 3) 

Juara 1: SD Tarakanita 2

Juara 2: SD Ipeka plus BSD & SD Tarakanita 2

Juara 3: SD Ipeka plus BSD & SD Marsudirni BSB Semarang & SD Tarakanita 5

Greenmech:

Tingkat SD

Juara 1: SD Marsudirni BSB Semarang

Juara 2: SD Tarakanita 5

Juara 3: SD Tarakanita 5

Tingkat SMP

Juara 1: SMP Tarakanita 4

Juara 2: SMP Tarakanita 4

Juara 3: SMP Global Persada Mandiri

Tingkat SMA

Juara 1: SMA Santa Maria Monica

Juara 2: SMA Almaka

Juara 3: SMA Santa Maria Monica

 

R4M 

Tingkat SD

Juara 1: SD Tarakanita 5

Juara 2: SD Tarakanita 5

Juara 3: Sekolah Seni Rupa Kak Zulfa

Tingkat SMP

Juara 1: SMPK 2 BPK Penabur

Juara 2: SMPK 2 BPK Penabur

Juara 3: SMP Tarakanita 4

-AW-

Berita terbaru

Agenda

17 Nov KBGI XIII
17 Nov Seminar Humaniora
24 Nov ICEBM