Diampu oleh Ibu Wulan Purnama Sari, S.IKom., M.Si, mata kuliah Merek dan Posisi Pasar mengajarkan mahasiswa hal-hal terkait branding dan penempatan sebuah produk di masyarakat. Khususnya mahasiswa yang mengambil jurusan Periklanan akan mendapatkan perkuliahan ini ketika mereka memasuki Semester 5. Dalam proses ajar mengajar, kelas dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok harus menciptakan sebuah produk dengan brand dan konsep yang menarik dan fresh.
Tidak hanya dibagikan materi tertulis oleh dosen, namun mahasiswa juga berkreasi dan berkolaborasi dengan teman-teman kelompoknya. Beberapa produk yang dihasilkan adalah Stop Box, Dezaato Sushi, Risoles Hap!, Ichips, dan masih banyak lagi. FIKom Untar menilai bahwa penting bagi mahasiswa Periklanan untuk mempelajari subyek ini, sebab pembuatan iklan bukan hanya tentang kreativitas, akan tetapi juga pemahaman dari pengiklan terkait brand dan penempatan produk tersebut di pasar.