Pada Mata Kuliah Dasar Dasar Public Relations (PR), mahasiswa semester 3 melakukan praktik simulasi konferensi pers secara berkelompok. Konferensi pers merupakan salah satu tugas PR dalam menyampaikan informasi penting dari perusahaan kepada publik. Topik konferensi pers berupa peluncuran (launching) produk atau jasa.
Mahasiswa secara kreatif menentukan produk atau jasa yang akan diluncurkan, pesan dan ilustrasi yang disampaikan sehingga mampu menarik perhatian para jurnalis/wartawan untuk memberitakan kegiatan tersebut. Dalam konferensi pers yang berlangsung 15 menit hingga 30 menit tersebut, masing-masing mahasiswa berperan sebagai pemangku kepentingan dalam perusahaan. Penampilan dan pernyataan yang disampaikan harus disesuaikan dengan peran masing-masing mah asiswa.
Mata kuliah ini diajarkan pada mahasiswa semester 3 yang wajib memilih bidang peminatan pada semester 4. Ada tiga bidang peminatan yang ditawarkan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi UNTAR pada semester genap yakni Public Relations (PR), Periklanan, dan Jurnalistik.