ANALISIS PENGGUNAAN NEW MEDIA OLEH PELAKU UKM (USAHA KEMANDIRIAN MASYARAKAT) DI KAMPUNG CYBER YOGYAKARTA
Disusun Oleh:
Farid Rusdi S.Sos, M.Si, Sinta Paramita, SIP,MA, dan Wulan Purnama Sari Jaya Putra, S.I.Kom
ABSTRAKTeknologi terus berkembang semakin maju seiring dengan waktu. Hadirnya internet membuka sebuah gerbang baru ke dalam dunia komunikasi. Internet dikemukakan sebagai sebuah bentuk media baru yang kehadirannya membawa dampak ke hampir seluruh aspek dalam kehidupan masyarakat. Internet merupakan media yang melewati jarak dan waktu, para pengguna didalamnya dapat berhubungan dengan pengguna lainnya tanpa melihat adanya perbedaaan jarak dan waktu. Anonimitas didalam dunia internet sangat tinggi, siapapun dapat menjadi apapun dan kebebasan dalam dunia internet juga sangat tinggi. Indonesia yang merupakan negara berkembang menerima internet dengan sangat cepat, berbagai bidang mulai memberdayaan internet untuk berbagai kepentingan. Masalah yang dihadapi di Indonesia adalah penyebaran teknologi internet belum merata di seluruh daerah Indonesia, penggunanya terbatas di daerah perkotaan yang sumber dayanya memadai dan pengetahuan masyarakatnya mencukupi. Kemudian hadir “Kampung Cyber”, yang merupakan sebuah kampung yang biasanya identik dengan tradisional, jauh dari teknologi, tetapi menamakan dirinya sebagai “kampung cyber” yang menggunakan internet sebagai media pemasaran, khususnya untuk memasarkan produk UKM-nya.
Kata Kunci: komunikasi massa, new media, internet, UKM, global village