Pilih Laman
Rekomendasi Takjil di Bulan Ramadan

22 Maret 2024

Oleh: Admin

Ilustrasi: DOKU.com

Belakangan ini, media sosial dipenuhi dengan pembicaraan seru tentang takjil. Takjil dikenal sebagai makanan atau minuman kecil yang dihidangkan atau dikonsumsi langsung saat berbuka puasa. Namun, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), takjil memiliki arti mempercepat dalam berbuka puasa.

Di bulan Ramadan, pasar takjil meriah dengan pedagang yang menawarkan menu beragam, mulai dari yang tradisional hingga modern.

Simak beberapa rekomendasi takjil untuk dibeli.

Bubur Sumsum // Ilustrasi: @namaruddin on Pinterest.com

1. Bubur Sumsum
Hidangan takjil yang terbuat dari tepung beras dan santan yang dimasak hingga menjadi bubur yang lembut. Disajikan dengan kuah gula merah dan taburan kelapa parut, memberikan rasa manis yang lezat untuk disantap langsung saat buka puasa.

Dadar Gulung // Ilustrasi: @ilyasresep on Pinterest.com

2. Dadar Gulung
Terbuat dari telur, tepung terigu, santan, dan gula aren, dadar gulung adalah kue lembut berwarna hijau yang diisi dengan campuran rasa manis dari parutan kelapa dan gula merah yang meleleh. Dibalut tipis, dadar gulung tidak hanya menawarkan kenikmatan manis yang memikat, tetapi juga sensasi tekstur yang kenyal.

Es Pisang Ijo // Ilustrasi: @resepmamiku on Pinterest.com

3. Es Pisang Ijo
Berbukalah dengan yang manis-manis. Kalimat tersebut cocok dengan es pisang ijo, sajian segar dan manis khas Makassar yang pas untuk memulai berbuka puasa. Hidangan ini terdiri dari lapisan tipis adonan hijau yang terbuat dari tepung beras dan daun pandan dengan isian pisang yang manis. Disajikan dengan kuah santan dan sirup gula merah yang manis, memberikan kenikmatan tersendiri dalam setiap suapannya.

Kolak Ubi Pisang // Ilustrasi: @resepmamiku on Pinterest.com

4. Kolak
Dibuat dari bahan dasar seperti ubi, pisang, dan sejenisnya yang direbus dalam kuah gula merah kental dengan tambahan santan dan beberapa rempah pilihan. Kolak adalah hidangan tradisional Indonesia yang dihidangkan khususnya selama bulan Ramadan.

Risol // Ilustrasi: @foodiecelebration on Pinterest.com

5. Risol
Camilan populer di Indonesia yang terdiri dari lapisan kulit lumpia tipis dengan isian campuran daging cincang, wortel, kentang, dan bumbu-bumbu lainnya. Campuran ini kemudian digulung dan digoreng hingga kulitnya menjadi renyah dan kecokelatan. Seiring perkembangan zaman, risol pun ikut dikembangkan dan diinovasikan menjadi risol mayo hingga mac and cheese.

Dalam setiap hidangan takjil yang tersaji, terselip kenangan manis dan kehangatan Ramadan yang tak terlupakan. Melalui beragam cita rasa yang memanjakan lidah, kita juga memperoleh pelajaran tentang kebersamaan dan kepedulian.

Mari kita jalani Ramadan dengan tulus dan berbagi kebaikan kepada sesama. Semoga setiap takjil yang kita nikmati menjadi penguat semangat untuk menjalani ibadah puasa dengan penuh rasa syukur dan keikhlasan.

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan, semoga Ramadan ini membawa berkah dan kebahagiaan bagi kita semua.

Artikel disusun dari beberapa sumber (KJ/AW/KJ)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week