Pilih Laman
Konservasi Hidupkan Kembali Bangunan Sejarah

12 April 2023

Oleh: Admin Pusat

Program Studi Magister Arsitektur Untar kembali bekerja sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta, mengadakan Seri Seminar Online ke-26 dengan topik “Heritage and Design”, Rabu (12/4).

Ketua Program Studi Magister Arsitektur Untar, Ir. Agustinus Sutanto, M.Arch., M.Sc., Ph.D. berharap seminar ini dapat memberikan dampak yang baik untuk pegembangan pengetahuan arsitektur.

Wakil Ketua 2 IAI Jakarta, Shinta Dewi Maharani berharap sinergi antara IAI dengan Untar dapat memberikan kontribusi positif bagi segala pihak. Harapannya, diskusi dan pembicaraan dari berbagai pandangan dapat memperluas dan membuka wawasan peserta.

Sebagai pembicara sesi pertama seminar disampaikan Ketua Bidang Pelestarian IAI Jakarta, Ir. Baju Witjaksana, M.Arch., dengan materi “Conservation and Conversion of Sleeping Beauty”.

Dalam paparannya disampaikan analogi sejarah penting dari bangunan “heritage” atau warisan, yang dapat dihidupkan dan dimanfaatkan kembali dengan prinsip konservasi dan pendekatan adaptive reuse. Menurutnya, warisan merupakan jembatan menuju masa lalu, yang dapat memberikan gambaran terkait penggunaan bangunan beserta kehidupannya di masa lampau.

Sementara itu Ir. Agustinus Sutanto, M.Arch., M.Sc., Ph.D. sebagai pembicara kedua, menyampaikan dengan topik “LIMA PROYEK – TIMA IDE: Belajar dari Maestro Architect”.

Agustinus menjelaskan penerapan sembilan lapisan heritage di lima bangunan arsitektur terkenal di dunia. Ditekankannya, sembilan lapisan ini dapat dipahami dan kemudian diterapkan untuk konservasi bangunan warisan budaya lainnya.

Seri Seminar Online Heritage akan dilanjutkan dengan seminar ke-27 yang bertema “Heritage & Conservation” pada 3 Mei 2023 mendatang. (VW/YS/AW)

Berita terbaru

Agenda