Pilih Laman
STAR dapat Kembangkan Potensi Diri Jadi Bintang

4 Maret 2023

Oleh: Admin Pusat

Setiap mahasiswa perlu menyadari potensi diri dan memanfaatkan kemampuan tersebut secara maksimal. Namun, pemikiran negatif yang muncul seringkali menghambat perkembangan diri seseorang.

Konsultan dan Pelatih Tersertifikasi Assoc. Prof. Ir. Rajendran Muthuveloo menyampaikan hal tersebut dalam webinar dengan tema “Harnessing your Inner Capabilities”, Selasa (4/3), yang diselenggarakan Program Studi Magister Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Rajendran yang pernah menjadi dosen di Sekolah Bisnis Universiti Sains Malaysia ini mengungkapkan karakteristik yang dikenal sebagai RATS (remote, avoidance, timid, dan self-destructive) seringkali menghambat jalan seseorang menuju kesuksesan.

“Isolasi diri dan tidak berani mencoba hal-hal baru merupakan hal yang umum dirasakan oleh orang,” ungkapnya.

Ditambahkannya, setiap orang memiliki potensi untuk menjadi bintang, dan persepsi itu bisa dikembangkan dari cara berpikir yang disebut STAR, yaitu Self-confidence (percaya diri), Thinking (pemikiran), Ambition (ambisi), dan Rise (bangkit).

Menurutnya, dengan tidak menolak peluang yang datang dan melakukan perencanaan mengenai masa depan secara detail, seseorang pasti bisa mencapai ambisi-ambisi mereka.

“Perjalanan menuju kesuksesan akan jauh lebih mudah jika diisi dengan nilai-nilai yang murni seperti mengutamakan pelayanan kepada orang lain dibandingkan kepuasan diri sendiri,” jelasnya.

Rajendran menegaskan pilihan ada di diri masing-masing. “Seseorang perlu berpikir menjadi bintang apabila ingin menjadi seorang yang berbakat,” pesannya kepada para peserta webinar. (EL/YS/AW)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week