Pilih Laman
Memahami Kearifan Lokal melalui Pariwisata

1 Maret 2023

Oleh: Admin Pusat

Magister Arsitektur Untar bersama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta mengadakan Seri Seminar Online ke-23 dengan topik “Heritage & Tourism” pada Rabu (1/3).

Seminar membahas keseluruhan peran pariwisata bagi keberlangsungan heritage di Indonesia yang diselenggarakan secara daring via aplikasi Zoom.

Ketua Program Studi Magister Arsitektur Untar, Ir. Agustinus Sutanto, M.Arch., M.Sc., Ph.D. dalam sambutannya berharap seri seminar “Heritage & Tourism” menjadi awal yang baik bagi pengembangan pengetahuan arsitektur di Indonesia.

Ketua IAI Jakarta, Doti Windajani, IAI, AA mengungkapkan harapannya agar seminar tidak hanya berbentuk wacana, tetapi diberi aksi dengan bersinergi bersama masyarakat.

Seminar pertama dari seri seminar online “Heritage” mengundang Dosen Magister Perencanaan Pariwisata UGM, Prof. Ir. Wiendy Nuryanti, M.Arch., Ph.D. dengan topik pembicaraan berjudul “Peluang Heritage Tourism dalam Kancah Pariwisata Global.” Prof. Wiendy menjelaskan kekuatan milenial sebagai trendsetter bagi segmen pasar wisatawan atas jumlah dan energi mereka yang banyak.

Seminar juga melibatkan Dosen Magister Arsitektur Untar, Prof. Dr. Ir. Naniek Widayati Priyomarsono, M.T. sebagai pembicara. Prof. Naniek menjelaskan pemugaran bangunan di berbagai lokasi negara Indonesia yang belum merata. Membawakan topik pembahasan yang berjudul “Peran Pemugaran Terhadap Perkembangan Pariwisata di Indonesia,” Prof. Naniek menjelaskan pentingnya perancangan ‘mapping’ perjalanan daerah wisata yang jelas untuk mengetahui letak, alasan, dan waktu mengunjungi sebuah daerah wisata.

“Tujuan pertama dari jejak warisan adalah untuk memahami local wisdom’ kita. Pariwisata merupakan nilai tambahan dalam memahami kearifan lokal tersebut,” ujar Prof. Naniek.

Sesi seminar “Heritage & Tourism” akan dilanjutkan dengan seminar yang bertema “Heritage & Technology” yang diselenggarakan tanggal 15 Maret 2023. (VW/YS/AW)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week