Pilih Laman
Rektor Sampaikan Saran Pengembangan Guru

24 September 2022

Oleh: Admin Pusat

Sabtu (24/9), Komisi Pendidikan Keuskupan Agung Jakarta (Komdik KAJ) menyelenggarakan kegiatan Seminar dengan tema: Apakah Ikatan Guru Katolik dibutuhkan? Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk mendapatkan masukan dari narasumber untuk mengetahui kebutuhan pengembangan guru khususnya Guru Katolik dalam rangka meningkatkan peran dalam proses Pendidikan di sekolah.

Rektor Universitas Tarumanagara, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU., ASEAN Eng., yang juga sebagai Ketua Umum Ikatan Dosen Katolik Indonesia (IKDKI) diundang menjadi salah satu nara sumber kegiatan tersebut. Prof. Agustinus menyampaikan berbagai hal terkait dengan kebutuhan pengembangan Guru. Beberapa saran yang disampaikan sebagai berikut: Perkuat Networking; Hubungan antar Guru secara intens, Hubungan antara Guru dengan sekolah, orang tua, siswa, tindik; Hubungan Internasional; Hubungan Dengan Dosen; Hubungan Dengan Perguruan Tinggi; Hubungan Dengan Dunia Industri; Hubungan Dengan Pemerintah; Hubungan Dengan Media; dan Hubungan Dengan Pemangku Kepentingan lainnya.

Guru juga harus memiliki Kemampuan Bepikir Logis Kontekstual, Berani mengubah pola pikir, Identifikasi masalah yang dihadapi, Kembangkan kemampuan komunikasi, Mencari ide-ide yang kreatif dan Kemampuan penelitian (kaji) tindakan kelas untuk perubahan makin baik. Oleh karena itu, kemitraan antara guru dan antarsekolah sangat diperlukan untuk saling berbagi dan saling menguatkan dalam pengembangan Guru. (API) (JS/AW)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week