Pilih Laman
MBKM kewirausahaan – Charms and Tale

25 April 2022

Oleh: Admin Pusat

image_pdf

Universitas Tarumanagara – Mahasiswa Universitas Tarumanagara mengikuti program MBKM yang diselenggarakan oleh pemerintah. Program ini merupakan salah satu kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi, dimana perguruan tinggi yang memberikan hak belajar diluar kampus selama 3 semester. Program MBKM mulai dari magang, mengajar, pertukaran pelajar, riset/penelitian, hingga berkewirausahaan. Program kewirausahaan menjadi faktor penting guna meningkatkan jiwa kewirausahaan khususnya pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis UNTAR.

MBKM kewirausahaan menumbuhkan jiwa wirausaha kreatif dari mahasiswa UNTAR dengan terbentuknya brand brand baru. Bersama dosen pembimbing, yaitu Bpk. Louis Utama, S.E., M.M. 5 mahasiswa mendirikan brand bernama Charms and Tale. Charms and Tale merupakan salah satu tim yang menjadi bagian dari program MBKM Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara. Kelompok Charms and Tale terdiri dari 5 anggota yaitu Janeta Naomi Putri (115190237), Felicia (115190242), Ryan Jonathan (115190244), Nathan Lee (115190231) dan Clinton (115190377).

Charms and Tale merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa yang juga menjual produk dan berbagai macam souvenir. Charms and Tale menawarkan bermacam jenis souvenir seperti ring book, ring book itu sendiri merupakan album foto custom yang memiliki cover berbahan dasar akrilik yang belum ada pada cover album foto pada umumnya. Selain itu Charms and Tale juga menjual kalender akrilik yang berbeda dengan kalender pada umumnya kalender akrilik ini juga menggunakan bahan dasar akrilik pada bagian dasar kalender tersebut. Selain kalender Charms and Tale juga menjual gift box yang merupakan suatu kotak berbahan dasar kayu yang di dalam nya ada kenang-kenangan berupa boneka, bunga dan foto. Selain itu charms and tale juga menjual hampers untuk setiap hari raya tertentu yaitu seperti hampers lebaran yang dapat diberikan sebagai tanda simpati terhadap penerima.

Penjualan berbasis online dan offline store menjadi tonggak utama penghasilan Charms and Tale. Dengan bahan baku utama akrilik, Charms and Tale tentu mengutamakan estetika. Dengan dukungan dan masukan dari Bpk. Louis Utama, terbitlah keunikan dari value yang menjadi ciri khas produk Charms and Tale. Penjualan melalui online dapat dipesan melalui Instagram, Whatsapp dan Shopee. Untuk pemesanan melalui Instagram bisa dilihat di @Charmsnadtale dan untuk pemesanan dapat melalui direct message untuk Whatsapp dan Shopee bisa menghubungi ke nomor dan nama yang tertera di linktree bio Instagram. Untuk melihat penjelasan lebih detail bisa melalui Youtube yang berada di linktree bio instagram Charms and Tale.  Untuk penjualan berbasis offline Charms and Tale didampingi oleh Bpk. Louis Utama S.E.,M.M dimulai dari persiapan hingga saat ini memiliki offline store yang berkolaborasi dengan Golf 1 driving range Buperta, Cibubur.

Charms and Tale bekerja sama dengan Golf1 untuk berkolaborasi dibidang produk dan jasa. Disana Charms and Tale membuka stand di Golf1 driving range dan menawarkan produk-produk selain itu juga menjual produk baru yaitu paper photo. Paper photo adalah bingkai kertas yang dicetak dengan template yang telah disediakan. Anggota Charms and Tale juga memotret customer dari Golf1 yang membeli bola, sepaket dengan 1 paper photo yang dapat diambil di booth Charms and Tale tepat sebelah meja kasir sesuai dengan masukan terkait SOP yang telah diberikan oleh dosen pembimbing. Sebelumnya Charms and Tale memiliki SOP untuk pemberian paper photo langsung diantarkan ke customer kemudian setelah mendapat masukan “Kalian pakai voucher biar pengunjung datang ke booth dan melihat produk kalian supaya bisa meningkatkan penjualan”, ucap Bpk. Louis Utama sebagai masukan kepada Charms and Tale terkait SOP. Dengan adanya masukan dari dosen pembimbing tentunya akan sangat membangun dalam kegiatan berwirausaha bagi Charms and Tale.  Pemotretan dilakukan oleh tim Charms and Tale dengan seizin customer. Charms and Tale berada pada tanggal  8 April – 8 Juni 2022 di Golf1 driving range (Jalan Alternatif Cibubur, Harjamukti, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16454) pada pukul 10.00-17.00 WIB setiap Sabtu dan Minggu.

Charms and Tale yang memiliki misi menjadi penyedia barang yang berkualitas, khususnya pada barang souvenir dan barang promosi, serta memberikan harga yang kompetitif baik dalam jumlah besar maupun dalam jumlah kecil. Tujuan dan maksud kegiatan dari pembuatan usaha ini adalah untuk melakukan praktik kerja lapangan dari kegiatan MBKM Kewirausahaan oleh Charms and Tale sekaligus bekerja sama dengan Golf 1 dalam pembukaan stand dan penjualan produk. Jika membutuhkan informasi Charms and Tale dapat menghubungi di nomor Whatsapp Charms and Tale 085697032910. Pada saat soft opening Charms and Tale yang menghadiri acara tersebut yaitu tamu undangan Golf1 dan Bpk. Louis Utama S.E.,M.M sebagai dosen pembimbing.

Berita terbaru

Agenda

4 Juli Wisuda ke-77
25 Juni ICMIEE
24 Juni ICMIEE
3 Juni Untar Entrepreneurship Day
3 Juni Untar Entrepreneurship Day