Pilih Laman
Pengalaman Alyssa Chiara Mengikuti Student Exchange IISMA

2 Maret 2022

Oleh: Admin Pusat

Salah satu kesempatan yang sebaiknya tidak dilewatkan oleh mahasiswa/i Fikom Untar adalah mengikuti pertukaran pelajar (student exchange). Di Fikom Untar, kamu bisa menambah pengalaman baru dengan mengikuti IISMA (Indonesian International Students Mobility Awards).

Untuk mengajak mahasiswa/i mengenal lebih dalam tentang pertukaran pelajar, Universitas Tarumanagara melakukan Instagram Live pada Selasa, 1 Maret 2022. Diskusi kali ini dipandu oleh mahasiswi dan alumnus Fikom Untar yaitu Shallen Augustine dan Nicholas Rijako.

Melalui Instagram Live @untarjakarta, ada tiga mahasiswi yang menjadi narasumber, yaitu Alyssa Chiara (Fikom Untar), Felia Ananda Wijaya, dan Devita Garcia yang berbagi pengalamannya selama pertukaran pelajar.

Beberapa topik yang dibahas adalah tentang culture shock, alasan memilih kampus tujuan, alasan mengikuti IISMA, keuntungan, dan tips untuk bergabung dalam pertukaran pelajar IISMA.

Sebagai salah satu mahasiswi Fikom Untar yang mengikuti IISMA, Alyssa berbagi alasannya mengapa ia memilih Nanyang Technological University di Singapura. Ia berkata, ”Menurutku, belajar di Singapura termasuk ramah untuk pelajar, kondusif, teratur, dan orangnya ramah-ramah.”

Menurutnya, keuntungan dari mengikuti IISMA adalah mendapatkan pengalaman untuk belajar di tempat baru dan mendapatkan mata kuliah yang benar-benar sesuai minat.

“Carilah media informasi di fakultas yang paling sering update, media utama kita adalah LINE@ Fikom Untar. Dari media tersebut, kalian bisa mendapatkan informasi tentang student exchange, termasuk IISMA. Selain itu, kalian juga bisa mencari informasi di Kaprodi (Kepala Program Studi), karena seleksi juga dilakukan oleh Kaprodi juga,” ucap Alyssa.

Untuk mahasiswa/i Fikom Untar yang tertarik mengikuti program pertukaran pelajar IISMA, siapkan dirimu untuk mendaftar di batch selanjutnya, pastikan kamu memiliki tekad yang kuat dan pantang menyerah! (VY)