Select Page
Kaji Potensi Kemaritiman Kukar, FT Untar Hasilkan Roadmap Prioritas Pembangunan

3 February 2022

Oleh: Admin Pusat

image_pdf

Kembali berkolaborasi dan bersinergi, Untar semakin di depan memupuk kerja sama untuk mengembangkan potensi daerah di Indonesia. Bersama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), tim Fakultas Teknik (FT) Untar menyampaikan hasil akhir penyusunan Road Map Prioritas Pembangunan di Wilayah Kutai Kartanegara, pada Kamis (3/2) yang dilakukan secara hybrid di Kampus 1 Untar.

“Terima kasih untuk Kabupaten Kukar atas kepercayaannya terhadap Program Studi Perencanaan Wilayah Kota Untar untuk memetakan daerah wilayah Kabupaten Kukar. Ini merupakan bentuk implementasi berlangsungnya kerjasama antara Untar dan Kabupaten Kukar,” ucap Dekan Fakultas Teknik Untar Harto Tanujaya, S.T., M.T., Ph.D. Beliau juga menyampaikan bahwa pengembangan potensi-potensi daerah khususnya di Indonesia, merupakan salah satu wujud tri dharma perguruan tinggi. Jika suatu daerah maju, sesuai dengan tagline Untar untuk Indonesia, berarti Untar turut andil dalam pembangunan bangsa Indonesia melalui pendidikan tinggi.

Bupati Kukar Edi Damansyah turut menyampaikan harapannya agar perencanaan ini dapat menajamkan visi-misi Kukar Idaman 2021/2026, “Diskusi yang dilakukan dari tim Untar ini harapannya adalah bisa mendapatkan poin-poin yang menjadi prioritas nasional yang akan diintegrasikan dengan prioritas pemerintah Kab. Kukar.  Harapannya pula bahwa kajian ini akan menjadi dokumen dan data pendukung yang akan disampaikan kepada pemerintah pusat.” Bupati Kukar juga menyebutkan bahwa kerja sama ini meliputi berbagai kajian, seperti Kajian dan Potensi Kemaritiman yang terhubung dengan prioritas nasional.

Diskusi ini dilanjutkan dengan pemaparan hasil akhir penyusunan Roadmap oleh Dosen Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Suryono Herlambang. Dalam pemaparannya disampaikan 4 konsep roadmap pengembangan program prioritas, diantaranya: prioritas pengembangan ekonomi wilayah (kawasan pertanian jagung, revitalisasi tambak udang dan pengembangan ekonomi pesisir), prioritas pengembangan konektivitas infrastruktur makro (konektivitas jalan, jembatan dan kawasan instalasi strategis nasional), penataan permukiman kumuh nelayan, pengembangan SDM millennial. Turut hadir pada kegiatan ini anggota DPR RI Dapil Kaltim Syafaruddin, Asisten Pembangunan dan Ekonomi, Kadis Pertanahan dan Tata Ruang, Ketua Kadin Kukar, Plt Kepala Bappeda, serta para Kabid pada Bappeda Kukar. -SA-

-JS-

3 Februari 2022, KS, PKM.

Berita terbaru

Agenda

4 Juli Wisuda ke-77
25 Juni ICMIEE
24 Juni ICMIEE
3 Juni Untar Entrepreneurship Day
3 Juni Untar Entrepreneurship Day