Pilih Laman
Kreatif di Belakang Kamera, Melukis dengan Cahaya bersama I-Focus Fikom Untar

1 Februari 2022

Oleh: Admin Pusat

Salah satu jenis fotografi yang sering dilakukan oleh para fotografer adalah fotografi urban. Fotografi urban adalah salah satu teknik fotografi yang berfokus untuk menunjukkan objek yang berada di ruang terbuka.

Karena fotografi urban ini banyak digemari, I-Focus Fikom Untar mengadakan workshop dan webinar tentang urban and street photography. Kegiatan ini mengangkat tema “24/7: Seek Every Moment, Worth the Shots” dan diadakan pada 27-29 Januari 2022 melalui aplikasi Zoom.

“Tema ini diangkat dan direalisasikan dengan gambaran kehidupan aktivitas kita yang tidak pernah berhenti, di sana kita bisa menemukan momen-momen terjadi. Untuk kita yang menjalani momen itu, terkadang terasa biasa aja, atau mungkin suatu momen terlihat biasa-biasa aja. Namun, beda cerita bila kita menjadi pengamat. Dalam sisi fotografi, kita memandang sebagai sudut pandang fotografer. Melalui urban dan street photography, kita dapat melihat ladang dengan sejuta momen yang ada,” ucap Sharon Pramacinta selaku Ketua Pelaksana workshop dan webinar tersebut.

Kegiatan workshop yang dilakukan selama 2 hari ini mengundang Ricky Suryanto dan Steven Andressan untuk berbagi ilmu tentang dunia fotografi. Hari ketiga, I-Focus Fikom Untar mengundang Anton Suseno, seorang urban and street photographer yang ahli sebagai narasumber.

Pada saat kegiatan webinar berlangsung, para peserta mendapatkan ilmu baru tentang teknik fotografi dan berbagai jenis fotografi yang populer. Anton berkata, “Menurut saya, fotografi adalah melukis dengan cahaya. Kenapa? Karena di setiap foto yang diambil, semuanya bergantung pada cahaya. Gelap, Terang, Redup, dan sebagainya.”

Bagi Anton, hasil foto yang bagus tidak hanya berasal dari kamera yang mahal, tetapi juga bisa melalui gadget. “Foto bagus akan hadir dari diri orang yang kreatif di belakang kamera. Kita harus explore tentang fotografi dan memaksimalkannya,” ujarnya.

Melalui workshop dan webinar ini, kiranya setiap mahasiswa Fikom Untar dapat terus explore dan memaksimalkan bakatnya dengan baik! (VY).

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar