Pilih Laman
Mau Mulai Berbisnis? Waktu yang Tepat untuk Mempelajari Skill Ini

22 Desember 2021

Oleh: Admin Pusat

4

Selama hampir dua tahun pandemi melanda Indonesia dan kegiatan belajar di kampus dilakukan secara online, banyak mahasiswa/i Fikom Untar yang mengisi waktu luang mereka untuk berbisnis. Seperti yang diketahui, berbisnis tidak hanya merupakan proses jual beli saja, tetapi juga diperlukan berbagai kemampuan dalam mengembangkannya. Bagi kamu yang kini memiliki minat untuk berbisnis, yuk pelajari beragam skill ini!

Fotografi dan Videografi

Dalam berbisnis di era digital, foto atau video produk merupakan hal yang penting terutama untuk menarik perhatian konsumen, meningkatkan branding, dan meningkatkan nilai jual. Meskipun begitu, untuk menghasilkan konten foto atau video yang menarik, tidaklah mudah. Kamu perlu memperhatikan penataan dan kemampuan editing yang baik.

Kemampuan Komunikasi

Kemampuan ini diperlukan agar bisnismu dapat berjalan lancar sesuai tujuan dan dapat membangun hubungan kerja yang baik. Selain itu, dengan kemampuan komunikasi ini, kamu dapat memperluas jaringan bisnis dan menyelesaikan masalah melalui negosiasi dan persuasi.

Marketing

Agar bisnismu dapat berkembang dengan baik, diperlukan pemasaran produk yang dilakukan secara efektif. Kamu perlu mempelajari strategi-strategi pemasaran yang bisa membantu menghasilkan penjualan dan meningkatkan brand awareness bisnismu.

Creative Thinking

Dalam membangun bisnismu sendiri, kemampuan berpikir kreatif sangat diperlukan agar kamu dapat menciptakan Unique Selling Point (USP) yang membedakan bisnismu dari kompetitor lain. Selain itu, dengan kreatif, kamu dapat menciptakan terobosan baru yang disesuaikan dengan minat calon konsumenmu.

Untuk dapat mengembangkan kemampuan tersebut dalam berbisnis, Fikom Untar menyediakan mata kuliah yang dapat membangkitkan jiwa entrepreneurship-mu seperti mata kuliah Teknik Fotografi, Pengantar Ilmu Komunikasi, Kewirausahaan, Iklan Digital, Manajemen Bisnis, Komunikasi Digital, Creative Thinking, dan masih banyak lagi. Sudah siap menjadi lulusan Fikom Untar dengan jiwa entrepreneurship? (VY)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week