Pilih Laman
Belajar Ilmu Komunikasi tapi Sering Miskomunikasi? Ketahui Cara Menghindarinya!

3 Desember 2021

Oleh: Admin Pusat

Sebagai seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi, tentunya diharapkan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Namun, saat interaksi dengan orang lain, terkadang miskomunikasi terjadi. Miskomunikasi adalah proses komunikasi yang tidak berjalan dengan lancar, ketika pesan yang disampaikan tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penyampai pesan.

Biasanya, miskomunikasi terjadi karena adanya komunikasi yang kurang efektif dan perbedaan perspektif. Lalu, bagaimana cara menghindari miskomunikasi? Simak tips berikut ini!

Menjadi Pendengar yang Baik

Terkadang, seseorang lebih mengedepankan aspek komunikasi yang dominan. Padahal, mendengarkan juga tidak kalah penting. Dengan menjadi pendengar yang baik, kamu dapat lebih konsentrasi dan memahami lawan bicara dengan lebih baik.

Pahami Pesan 

Sebelum memberi respon balik ke lawan bicara, pastikan kamu benar-benar memahami setiap pesan yang kamu dengar. Tujuannya adalah agar kamu tidak salah dalam menginterpretasikan pesan. Jika butuh waktu untuk memahami pesan, sampaikanlah bahwa kamu sedang berusaha memahaminya.

Jangan Sembarangan Asumsi

Asumsi adalah suatu tanggapan yang terbukti kebenarannya dan memerlukan pembuktian langsung. Agar terhindari dari miskomunikasi, maka belajarlah untuk menempatkan diri sebagai lawan bicaramu.

Walaupun ada faktor-faktor penyebab miskomunikasi dan terkadang sulit dihindari, tetapi cara untuk meminimalisasi miskomunikasi juga sangat berguna untuk diterapkan dalam berinteraksi dengan orang lain. Semoga bermanfaat! (VY)

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar