Pilih Laman
Fikompreneur of the Month: Intip Kisah Felix dalam Mengembangkan Hobi Menjadi Skill

1 Desember 2021

Oleh: Admin Pusat

Salah satu skill yang dipelajari di jurusan Ilmu Komunikasi adalah dasar-dasar teknik fotografi. Setiap mahasiswa belajar bagaimana mengambil karya visual melalui kamera. Untuk dapat terus mengembangkan bakat dan minat mahasiswa, Fikom Untar juga menyediakan UKMF I-Focus untuk para mahasiswa yang gemar fotografi.

Setiap orang pasti memiliki hobi dan hal tersebut akan menjadi lebih menyenangkan bila hobi yang ditekuni dapat menghasilkan uang. Salah satu mahasiswa Fikom Untar yang memanfaatkan hobinya di bidang fotografi untuk berbisnis adalah Felix, angkatan 2019.

Bisnis yang ia jalani adalah Petrait Photography, usaha di bidang jasa fotografi yang berfokus pada pet photo atau foto hewan peliharaan. Dalam mengembangkan bisnisnya, tentu Felix memiliki keunikan tersendiri. Ia berkata, “Hal yang membedakan Petrait Photography dengan pet photographer yang lain adalah kami dapat membuat mini studio di rumah client dengan membawa properti kami (lightingbackground, decorations). Kami juga dapat menyesuaikan tema foto sesuai dengan keinginan client (Birthday, Christmas, Outdoor shoot, Family Photo with pets, dan lainnya).”

Felix memiliki ketertarikan dalam fotografi sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP), namun lebih aktif menekuni hobi ini pada saat mengambil mata kuliah Teknik Fotografi di Semester 2. Melalui mata kuliah ini, ia lebih sering hunting foto, mendapat tawaran untuk menjadi asisten fotografer, hingga dapat menjalankan usaha fotografi saat ini.

“Petrait Photography berdiri sejak Agustus 2020 di mana ide usaha ini muncul saat saya dengan rekan saya yang juga fotografer dan pencinta hewan melihat masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta dan sekitarnya mulai banyak memelihara hewan akibat pandemi. Selain itu, peluang di bidang fotografi hewan di Indonesia juga masih besar,” ucap awal mula Felix memulai bisnisnya.

Felix berpesan kepada para mahasiswa Fikom Untar, “Apapun yang sedang atau ingin teman-teman kerjakan, tekuni itu, usahakan, lakukan dengan sepenuh hati dan tenaga. Do your best and let God do the rest. Kalau kata salah satu platform e-commerce sih mulai aja dulu.” (VY)

Berita terbaru

Agenda

17 Nov KBGI XIII
17 Nov Seminar Humaniora
24 Nov ICEBM