Pilih Laman
Belajar Bersama di Masa Pandemi

26 November 2021

Oleh: Humas UNTAR

Dunia pendidikan harus beradaptasi dalam masa pandemi saat ini. Perubahaan yang terjadi menjadi sebuah tantangan baru bagi pihak sekolah dalam memberikan ilmu kepada siswa-siswinya. Hal ini juga tidak luput dari kerja sama antara guru dan orang tua dalam mendidik anak dengan perubahaan yang terjadi.

Memahami pentingnya peran orang tua bagi pendidikan anak-anak pada masa pandemi ini, Sekolah Dasar R.A. Kartini Tarakanita bersama Untar menyelenggarakan Webinar Parenting yang berjudul “Pengaruh Pendampingan Orang Tua Dalam Belajar di Masa Pandemi”, pada Jumat (26/11).

Melalui presentasinya, Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU, ASEAN Eng. menyampaikan bahwa ada banyak cara untuk beradaptasi dalam belajar bersama anak di rumah selama pandemi. “Banyak cara menarik yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mendampingi anak-anaknya belajar di rumah. Contohnya dengan mengajak anak bergerak dan berkomunikasi dengan keterbukaan agar sang anak tertarik dan termotivasi belajar. Hal ini sangat penting dilakukan untuk memicu dan memaksimal proses belajar di rumah selama pandemi,” katanya.

Beliau juga menyampaikan bahwa orang tua juga harus menjadi contoh bagi anaknya dan menambah ilmu agar dapat mendampingi anaknya dengan baik. “Sikap orang tua juga menentukan bagaimana proses belajar anak akan berjalan. Oleh karena itu, semuanya berawal dari kita sendiri dengan memberi contoh yang baik pada anak. Menambah pengetahuan tentang cara mendampingi anak belajar secara online juga baik dilakukan bagi orang tua,” katanya.

Salah satu orang tua siswa, Monica Veny Agustin, S.Psi. membagikan pengalamannya selama mendampingi anak belajar di rumah. Ia mengatakan bahwa berbagai tantangan yang perlu dihadapi dengan baik oleh orang tua, salah satunya membagi waktu untuk anak dan pekerjaan. “Hal ini sering terjadi dalam keseharian kita, terutama di masa pandemi ini. Kita harus bijak dalam membagi untuk menyelesaikan pekerjaan kita dan mendampingi anak-anak kita yang belajar secara daring di rumah. Tantangan ini bisa dihadapi melalui jalinan komunikasi yang baik antara pihak sekolah dan orang tua untuk bersama-sama mendidik sang anak,” jelasnya. -AS-

-JS-

26 November 2021, KS, PKM.

Berita terbaru

Agenda

17 Nov KBGI XIII
17 Nov Seminar Humaniora
24 Nov ICEBM