Pilih Laman
Mengajar Ekstrakurikuler Jurnalistik, Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Fikom Untar

10 November 2021

Oleh: Admin Pusat

Fikom Untar dan Sekolah Menengah Atas Kristen (SMAK) Kanaan membangun kerja sama yang sudah berlangsung sejak awal tahun 2021. Salah satu bentuk kerja sama yang dilakukan adalah mengajar ekstrakurikuler jurnalistik di beberapa cabang Sekolah Kristen Kanaan yaitu Jakarta, Tangerang, Cirebon, dan Banjarmasin.

Kegiatan mengajar ini dilakukan oleh beberapa mahasiswa Fikom Untar yaitu Fiola Teguh, Valencia Vimala, Very Yovelin, dan Flavia Katarina yang membawakan materi jurnalistik selama tiga bulan dan dilaksanakan setiap hari Kamis.

Agar para siswa dapat memahami dunia jurnalistik dengan baik, penyampaian materi pun dilakukan dengan membangun interaksi yang menyenangkan seperti memberi kuis berhadiah, diskusi tugas, mengajak siswa untuk menyampaikan pendapat, dan juga mempraktikkan langsung ilmu yang didapatkan melalui tugas.

“Pembawaan kakak-kakak ringan dan nyaman, rasanya walau hanya kegiatan tambahan, tidak menjadi beban di saya karena seru dan tidak terasa penat. Tugas yang diberikan dapat meng-upgrade kemampuan saya dalam menulis. Ketika tugasnya dikoreksi, penulisan yang salah, diperbaiki, dan tidak membuat saya malu atau minder karena kakak-kakak yang humble. Saya jadi kagum dengan empati kakak-kakak dalam mengajar,” ucap Valentina Halim, salah satu siswa Sekolah Menengah Atas Kristen Kanaan cabang Banjarmasin, Kalimantan Timur.

Melalui kesempatan mengajar, hal tersebut tentu saja memberi pengalaman luar biasa bagi para mahasiswa. Valencia Vimala berkata, “Perasaannya pasti senang sekali karena bisa dapat kesempatan dan pengalaman baru dengan mengajar anak-anak SMAK Kanaan. Aku jadi belajar banyak bahwa ngajar itu tidak mudah, kita harus mengenal anak-anaknya dan menyesuaikan diri dengan mereka.”

“Aku juga kagum sama anak-anak SMA Kanaan, banyak banget yang super berbakat. Aku senang bisa liat bakat-bakat mereka dalam menulis, fotografi dan lainnya melalui kesempatan ini. Aku juga banyak belajar dalam hal menyusun materi supaya padat dan mudah dipahami sama anak-anaknya. Intinya dari pengalamanku, aku banyak belajar cara mengajar yang baik seperti apa,” lanjut Valencia.

“Harapanku, semoga melalui pembelajaran ini, anak-anak SMAK Kanaan dapat lebih mengenal Ilmu Komunikasi, khususnya Jurnalistik. Semoga mereka jadi tahu bakat-bakat mereka dalam bidang menulis, meliput, fotografi dan lainnya supaya dapat dikembangkan dengan baik sejak dini,” tutupnya. (VY)