Pilih Laman
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Harus Kuasai 3 Keterampilan Ini!

2 November 2021

Oleh: Admin Pusat

“Anak komunikasi cuma modal bicara saja.”

Siapa yang pernah dengar pernyataan seperti itu? Hal itu sudah bukan hal yang asingdi telinga mahasiswa Ilmu Komunikasi. Padahal, belajar di Ilmu Komunikasi bukan hanya harus menguasai kemampuan komunikasi saja, tetapi juga banyak kemampuan lainnya. Berikut adalah kemampuan yang harus dikuasai oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi!

Kemampuan Menulis 

Kemampuan menulis dalam Ilmu Komunikasi tidak hanya sekedar merangkai kata saja. Namun, perlu kemampuan untuk menentukan sudut pandang penulisan berita, riset, struktur, dan gaya penulisan berita. Di Ilmu Komunikasi, kemampuan menulis tidak hanya diasah di peminatan jurnalistik, tetapi juga di peminatan periklanan seperti menulis kreatif dan peminatan public relations seperti menulis press release.

Kemampuan Mendengar

Untuk bisa berbicara dengan baik, seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi juga harus bisa mendengarkan dengan baik juga. Dengan mendengarkan, kita dapat memadukan indera pendengaran dengan pikiran, sehingga dapat menerima dan memahami pesan yang disampaikan pembicara dengan baik. Komunikasi juga akan semakin efektif jika kita dapat menerima pesan dengan tepat.

Kemampuan Presentasi

Kemampuan presentasi adalah kemampuan seseorang dalam membuat dan menyampaikan sebuah materi yang ia miliki dengan efektif dan jelas. Sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi, presentasimu harus menarik dan persuasif. Maka dari itu, kemampuan ini perlu diasah terus-menerus.

Itulah 3 skill yang harus dikuasai oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi. Yuk, buktikan bahwa mahasiswa Ilmu Komunikasi tidak hanya modal bicara saja, teruslah kembangkan skill-mu di berbagai bidang yang ada! (VY)

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar