Pilih Laman
cTips Menjadi Kreatif ala Gregorius Genep Sukendro, Dosen Fikom Untar

22 Oktober 2021

Oleh: Admin Pusat

Kreativitas tidak hanya dimiliki oleh segelintir orang. Namun, kreativitas bisa dilatih dan diasah secara konsisten serta terus-menerus. Pada webinar “Improve Your Skill in Making Creative Content” yang dilaksanakan oleh BEM Fikom Untar, Gregorius Genep Sukendro, S.Sos., M.Si membagikan tips untuk menjadi kreatif. Simak tips yang beliau sampaikan berikut ini!

Bermain Sejauh Mungkin

“Bermainlah sejauh mungkin. Bila selama ini hanya main di wilayah Grogol, mainlah ke Selatan, ke mana pun. Bermain jauh adalah pengalaman. Ketika kita bermain jauh, hal tersebut tidak hanya fisiknya, tetapi adalah pengalaman dan pikiran yang dapat membuka kreativitas. Di saat pandemi seperti ini, sulit untuk pergi jauh. Maka dari itu, cara kita pergi jauh adalah dengan mulai membuka Instagram orang-orang kreatif, kita harus lihat dan belajar dari sana.”

Membuat Kesalahan

“Menjadi kreatif harus berani membuat kesalahan, dengan begitu, kita bisa belajar dari kesalahan kita. Kalau kita tidak berani mencoba, tidak berani melakukan kesalahan, kita aman, tetapi tidak ada gunanya, hidupnya hanya mengalir saja. Orang kreatif harus berani mengambil risiko.”

Mencatat dengan Menulis

“Setiap kita punya ide atau gagasan, harus segera dicatat agar tidak lupa. Catatan itu penting, ide-ide harus terdokumentasi semua, Teman-teman harus biasakan mencatat dengan tangan karena menulis tangan adalah salah satu bentuk meditasi. Menulis juga merupakan bentuk mengeluarkan toxic dari pikiran kita. Kita perlu keluarkan semua, bahkan toxic tersebut juga dapat dibuat menjadi konten.”

Perkaya Referensi

“Referensi itu penting, kita harus perkaya hal tersebut. Kita harus berbeda, tidak boleh menjiplak atau meniru, hal itu tidak kreatif. Kita harus mencuri ide, yang dicuri adalah ide dasarnya. Ide dasar dicuri dari orang yang menurut kalian kreatif, setelah itu kalian kembangkan dengan referensi-referensi yang kalian cari.”

Itulah tips menjadi kreatif ala Gregorius Genep Sukendro, S.Sos., M.Si. Kreatif adalah sebuah skill yang bisa diasah dengan konsisten. Teruslah menjadi mahasiswa yang kreatif dan berani berbeda! (VY)

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar