Pilih Laman
Menumbuhkan Generasi Muda Paham Investasi

8 Oktober 2021

Oleh: Humas UNTAR

Investasi bukanlah suatu hal yang asing di jaman modern sekarang ini. Semua kalangan di seluruh negara sudah mengenal investasi, termasuk Indonesia. Berbagai kemudahan muncul dan ditawarkan kepada masyarakat dunia agar dapat berinvestasi dengan mudah. Seiring dengan minat investasi para generasi muda di Indonesia terus meningkat, pengetahuan dasar akan investasi pun sangat penting.

Bersama Untar, Bank Mandiri mengadakan program Mandiri Goes to Campus 2021 dengan webinar berjudul “Pengenalan Dasar Investasi Saham” yang dilaksanakan secara daring, pada Jumat (8/10).

Melalui webinar ini, Bank Mandiri ingin mengedukasi dan membagikan ilmu serta pengetahuan dasar dalam berinvestasi saham khususnya bagi kalangan mahasiswa.

Menurut Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU, Asean Eng. program ini sangat bermanfaat untuk memberikan pemahaman bagi para mahasiswa tentang investasi dan saham. Investasi sangat berperan untuk mendukung pembangunan ekonomi Indonesia melalui investasi. “Kolaborasi Untar dengan Bank Mandiri merupakan bentuk implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Melalui kegiatan praktisi mengajar di kampus, diharapkan para mahasiswa dapat menyerap ilmu dan pengetahuan yang diberikan langsung oleh para praktisi,” tuturnya.

Menyampaikan sambutannya, Senior Vice President Bank Mandiri Teuku Ali Usman merasa bahwa generasi muda khususnya “Generasi Z”, cenderung memiliki keinginan mencoba hal-hal yang baru. Salah satunya seperti berinvestasi saham. “Sebelum terjun ke dalam dunia saham, sangat penting bagi generasi muda memahami dasar-dasar investasi saham terlebih dahulu. Memahami hal-hal mendasar dalam investasi merupakan poin yang penting sebagai bekal awal berinvestasi,” katanya.

Head of Retail Mandiri Sekuritas Andreas M. Gunawidjaja menjelaskan bahwa pengenalan dasar-dasar investasi bagi kalangan mahasiswa sangat penting, agar para mahasiswa memiliki pemahaman yang lengkap. Hal ini juga dilakukan sebagai langkah untuk memunculkan investor-investor muda Indonesia. “Investasi di Indonesia didominasi oleh kalangan muda dan generasi Z. Hal tersebut menunjukkan bahwa generasi muda dan generasi Z di Indonesia memiliki minat berinvestasi yang tinggi. Melalui investasi tersebut, Indonesia memiliki potensi besar untuk memajukan perekonomian nasional,” jelasnya.

Melalui pemaparan Senior Mandiri Online Securities Trading (MOST) Advisor Mandiri Sekuritas Norman Yudha A. A. menjelaskan bahwa dalam berinvestasi harus memahami kebutuhan dan kemampuan finansial terlebih dahulu.

“Melalui pemahaman akan kebutuhan dan kemampuan finansial yang kita miliki, kita dapat mencari dan memilih pasar modal atau investasi saham yang sesuai. Penting pula untuk memahami pengertian dan karakter dari berbagai saham, menganalisa, menentukan risk profile, melihat dan mengamati prospek ekonomi serta model bisnis yang ada agar kita dapat memilih investasi saham yang sesuai dengan finansial kita,” jelasnya.

Disampaikan pula bahwa ada beberapa peran dan manfaat yang penting dari pasar modal. “Pasar modal memiliki peran yang penting sebagai wahana investasi dan good corporate governance yang bermanfaat untuk memajukan perekonomian nasional, menjadi sumber pembiayaan bagi perusahaan-perusahaan dalam negeri, serta meningkatkan transparansi perekonomian dan profesionalisme ekonomi,” jelasnya. -AS-

-JS-

8 Oktober 2021, KS.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar