Pilih Laman
Membentuk Karakter Pemimpin Sejak Usia Muda

27 September 2021

Oleh: Humas UNTAR

Generasi yang lama akan selalu digantikan dengan generasi selanjutnya. Hal ini merupakan sebuah siklus dalam kehidupan manusia. Oleh karenanya, regenerasi itu penting. Terlebih lagi, generasi muda bangsa yang akan menjadi penerus pemimpin bangsa.

Menyadari pentingnya regenerasi pemimpin, Yayasan Tarakanita Wilayah Surabaya bersama Rektor Untar yang juga menjabat sebagai Pengurus Yayasan Tarakanita Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU, ASEAN. Eng. mengadakan webinar “Hari Studi Struktural dan Guru Penggerak Sekolah Tarakanita Surabaya”, pada Senin (27/9).

Melalui presentasinya yang berjudul “Problem Solving & Decision Making”, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU, ASEAN. Eng. menyampaikan bahwa sangat penting bagi para guru dan tenaga pendidik di Indonesia memberikan pengetahuan tentang kepemimpinan bagi para murid. “Ilmu dan pengetahuan adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Namun, ada hal yang tidak kalah penting dari ilmu dan pengetahuan, yaitu jiwa kepemimpinan yang dibentuk sejak dini,” katanya.

Beliau juga menjelaskan bahwa karakter kepemimpinan harus dibentuk oleh generasi muda dengan pemahaman akan penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan yang baik. “Saat ini, banyak sekali pemimpin yang berasal dari generasi muda. Hal ini membuktikan bahwa generasi muda mampu menjadi pemimpin yang baik di berbagai bidang. Oleh karenanya, seorang pemimpin harus mampu mencari solusi yang kreatif dan memandang sebuah masalah dari berbagai sudut pandang dalam menghadapi berbagai permasalahan dunia yang semakin kompleks. Seorang pemimpin juga harus mampu mengambil keputusan secara bijak dengan memperhatikan sebab dan akibat, serta pengaruh dalam jangka pendek maupun panjang bagi lingkungan di sekitarnya,” tegasnya. -AS-

-JS-

27 September 2021, KS, PKM.