Pilih Laman
Berpeluang Cepat Mendapat Panggilan Kerja, Apakah CV Kamu ATS Friendly?

10 September 2021

Oleh: Admin Pusat

Applicant Tracking System (ATS) adalah sebuah sistem yang dapat membantu HRD dalam menyeleksi Curriculum Vitae (CV)  pelamar kerja dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat. Biasanya, perusahaan-perusahaan berskala besar memakai sistem ini. ATS akan menilai CV yang sudah kamu kirimkan ke perusahaan dengan melakukan scanning, menyaring, dan merekap skor CV berdasarkan skill atau keyword yang terdapat di dalamnya.

Ciri-ciri CV ATS Friendly adalah menggunakan bahasa Inggris, tidak lebih dari dua lembar, mencantumkan kontak, desain simple, menggunakan font standar seperti Arial, Helvetica, Times New Roman, dan ukuran font tidak kurang dari 11. Berdasarkan ciri-ciri tersebut, berikut adalah cara membuat CV ATS Friendly yang dapat kamu praktikkan agar panggilan kerja segera menghampirimu!

Gunakan Template Sederhana

Kamu tidak perlu memikirkan desain dan pemilihan warna karena CV yang lolos screening akan dilihat dari keterbacaannya. Lebih baik pilih template sederhana berwarna putih tanpa menambahkan foto diri, gambar, grafik, emoji, dan font yang sulit terdeteksi oleh sistem.

Ikuti Format yang Benar

Agar CV mudah dibaca oleh ATS, kamu perlu memperhatikan format yang benar. Kamu bisa awali dengan data diri (nama, email, nomor telepon), profil singkat, pengalaman kerja (terbaru ke terakhir), pendidikan, skill, dan sertifikat (bahasa, pelatihan, kursus).

Tambahkan Pencapaian Pengalaman Kerja

Selain menulis job descripiton di tempat kerja sebelumnya, kamu juga bisa menambahkan pencapaian atau hasil yang kamu bawa terhadap performa perusahaan dengan menuliskannya ke dalam beberapa kalimat.

Tambahkan Keyword

Keyword atau kata kunci yang kamu cantumkan dalam CV akan lebih mudah terbaca oleh ATS. Kamu bisa masukkan kata kunci yang berhubungan dengan job description pada pengalaman kerja atau magang tersebut, atau melihat referensi dari deskripsi pekerjaan di portal lowongan kerja.

Itulah pengertian, ciri-ciri, dan cara membuat CV ATS Friendly. Semoga bermanfaat untuk kalian ya! (VY)