Pilih Laman
Jurnalistik dan Aneka Prospek Kerja yang Menjanjikan

28 Agustus 2021

Oleh: Admin Pusat

Fikom Untar memiliki tiga peminatan yaitu public relations, jurnalistik, dan periklanan. Jurnalistik adalah program studi yang mempelajari bagaimana cara mencari, mengumpulkan, menyeleksi, dan mengolah informasi yang mengandung nilai berita, kemudian menuliskannya secara akurat dan menarik.

Prospek kerja lulusan jurnalistik tidak hanya sebagai wartawan, presenter, atau reporter saja. Ada banyak prospek kerja yang tidak kalah menjanjikan seperti:

Content Writer

Content writer adalah seorang yang bertugas untuk menganalisa, melakukan riset, menulis suatu konten yang relevan, mudah dimengerti, dan bisa dipertanggungjawabkan. Untuk menjadi content writer yang baik, kamu harus memiliki kemampuan riset yang baik, SEO (Search Engine Optimization), dan juga melek berita (up-to-date).

Editor

Editor adalah seorang yang bertugas untuk memastikan bahwa berita dan artikel yang akan ditayangkan memiliki tata bahasa yang baik, menentukan gaya penulisan, dan menyetujui hasil berita dan artikel. Seorang editor harus memiliki kemampuan menulis yang baik dan detail-oriented.

Photojournalist 

Seorang photojournalist atau visual storyteller bertugas untuk melakukan aktivitas jurnalistik berupa fotografi dan hasil foto tersebut memiliki nilai berita. Liputan yang dilakukan dapat berupa acara olahraga, tokoh popular, perjalanan, dan lainnya. Kemampuan fotografi dan photo editing diperlukan untuk menjadi seorang photojournalist.

Tidak hanya prospek kerja tersebut yang menjanjikan, masih ada banyak profesi lainnya yang dapat kamu ditekuni sebagai lulusan peminatan jurnalistik. Tertarik untuk belajar jurnalistik lebih lagi? (VY)