Pilih Laman
Prospek Kerja Populer Lulusan Komunikasi

22 Juli 2021

Oleh: Admin Pusat

Semakin berkembangnya teknologi, dapat dikatakan bahwa Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan perguruan tinggi favorit di Indonesia. Bahkan Kompas.com pada Senin (22/3/2021) mencatat bahwa Ilmu Komunikasi masih berada di urutan teratas program studi terfavorit di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Ilmu Komunikasi di Universitas Tarumanagara sendiri memiliki beberapa peminatan yang dapat dipilih oleh para mahasiswanya, yaitu Jurnalistik, Advertising, dan Public Relations. Meskipun setiap peminatan ini memiliki prospek kerjanya masing-masing, secara umum lulusan Komunikasi dapat terjun ke karir populer berikut ini.

Jurnalis Media Online

Karena kemajuan teknologi internet, hasil kerja tangan seorang jurnalis dapat diakses melalui internet, tidak hanya di televisi ataupun koran. Kemajuan ini juga memberikan dampak pada bagaimana masyarakat Indonesia dapat mengakses sebuah berita. Kegiatan yang paling membedakan jurnalis media online dengan jurnalis konvensional adalah media penerbitan atau penayangannya, yaitu melalui situs web (website).

Content Writer

Seiring berjalannya waktu, profesi penulis dibedakan berdasarkan tujuan penggunaan tulisannya, seperti novelis, script writer, copywriter, dan lainnya. Hal ini menyebabkan seluruh perusahaan membutuhkan seorang Content Writer. Pekerjaan seorang Content Writer adalah menyiapkan konten-konten tulisan yang dibutuhkan untuk mengisi suatu website, seperti company profile, deskripsi produk, dan berbagai artikel.

Content Creator

Dilansir dari edukasi.kompas.com, Content Creator adalah orang yang bertanggung jawab membuat konten yang memiliki nilai edukasi atau hiburan untuk ditayangkan pada platform media sosial (medsos) seperti Instagram, YouTube, TikTok, Facebook, dan lain-lain. Karir ini semakin menjamur lagi semenjak Pandemi, karena proses penjualan produk dari setiap brand bergeser ke platform online.

Selain jurnalis media online, content writer, dan content creator, tentunya masih tersedia banyak prospek kerja lulusan Komunikasi. Manakah pekerjaan yang kamu impi-impikan? (CA)

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar