Pilih Laman
Adopsi Aturan Uni Eropa tentang Penyedia Jasa Perantara Online Bagi Perkembangan Hukum di Indonesia

21 April 2021

Oleh: Humas UNTAR

Steven Leonardi berhasil meraih gelar Doktor Hukum Untar setelah mempertahankan disertasinya pada Rabu, (21/4) dalam Sidang Terbuka (Promosi) Doktor Fakultas Hukum yang disiarkan secara live streaming di channel Youtube Untar Jakarta. Steven Leonardi memaparkan disertasinya berjudul “Manfaat Adopsi Aturan Uni Eropa Tentang Prinsip Pengecualian Tanggung Jawab Terhadap Penyedia Jasa Perantara Online Bagi Perkembangan Hukum di Indonesia (sebagai perbandingan)”.

Ujian Terbuka dipimpin langsung oleh Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, bersama Dekan Fakultas Hukum sekaligus Dewan Penguji Prof. Dr. Ahmad Sudiro S.H., M.H., M.M., M.Kn., Ketua Sidang Prof. Dr. Mella Ismelina F.R., S.H., M.H., Promotor Utama Prof. Dr. Abdul Gani Abdullah, S.H., LL.M., Dekan sekaligus Co-Promotor Prof. Dr. Ahmad Sudiro S.H., M.H., M.M., M.Kn. serta anggota penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Jeane Neltje S.H., M.H., APU, Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H., Dr. Gunardi, S.H., M.H.

Dalam presentasinya, Steven Leonardi memaparkan latar belakang yang berasal dari peran penting internet dalam era globalisasi dalam mempengaruhi perubahan kehidupan sosial, budaya dan ekonomi suatu bangsa. Telah terbukti di Uni Eropa, bahwa e-commerce Directive menjadi pelayanan penyedia yang efektif, semakin populer dan disenangi masyarakat,” paparnya.

Dan melalui penelitian ini, promovendus menyarankan pemerintah menerapkan mekanisme penilaian dan penegasan atas ketentuan anonimitas untuk menetapkan pembebasan kewajiban bagi penyedia sarana perantara dan juga untuk mengumpulkan informasi serta memverifikasi suatu e-commerce,” jelas Steven Leonardi.

Setelah menyelesaikan studi selama 6 semester, Steven Leonardi berhasil lulus dengan predikat sangat memuaskan (IPK 4.00).

Selaku promotor utama, Prof. Dr. Abdul Gani Abdullah S.H., LL.M. menyampaikan pesannya,“Gelar doktor adalah gelar tertinggi di perguruan tinggi, dengan gelar ini diharapkan doktor baru dapat memainkan peran yang lebih besar untuk masyarakat dan sekitarnya.”-SS-

-JS-

21 April 2021, LIT, PKM, KS.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar