Pilih Laman
Konferensi Fikom Angkat Topik Digital dan Humanisme dalam Ekonomi Kreatif

19 November 2020

Oleh: Humas UNTAR

6

Konferensi Nasional Komunikasi Humanis (KNKH) adalah kegiatan akademik tahunan yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Untar.  Konferensi ini sebagai wadah diskusi ilmiah para akademisi dan praktisi terhadap topik-topik dalam ilmu komunikasi yang sedang berkembang saat ini. Selain itu menjadi sarana menempatkan Fikom Untar dalam kancah program studi ilmu komunikasi di Indonesia.

KNKH yang memasuki penyelenggaraan ketiga berlangsung pada 19-20 November 2020 secara daring mengambil tema “Digitalisasi dan Humanisme dalam Ekonomi Kreatif”.

Tema tersebut dipilih didasari pada perkembangan dunia komunikasi yang semakin mengarah pada platform digital yang memberi dampak pada sisi humanis di masyarakat.

Dekan Fikom Untar Dr. Riris Loisa mengatakan perkembangan saat ini di satu sisi merupakan kabar baik yang menjanjikan masa depan komunikasi manusia yang super canggih, namun di sisi lain juga ada kekhawatiran bahwa digitalisasi, kecerdasan buatan dan internet justru mengancam keberadaan manusia.

“Dalam menghadapi tantangan ini sebagai manusia komunikasi perlu memastikan bahwa kita tidak akan kehilangan kemanusiaan kita, karena kemanusiaan tidak bisa digantikan oleh segala sesuatu yang bersifat artifisial”, ungkapnya.

Ditambahkannya, komunikasi digital hendaknya menjadi  sarana bagi manusia untuk menemukan kembali jati diri kita sebagai makhluk sosial, dimana teknologi digital dijadikan alat memperkuat semangat hidup secara sosial, semangat untuk berinteraksi secara humanis, dan bukan malah sebaliknya.

Hadir sebagai Pembicara Dr. Saras Dewi (akademisi), Budi Darmawan (Founder KitaBatik), Wenseslaus Manggut (Direktur Konten Kapanlagi Youniverse/Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia), dan Dr. (Can) Sinta Paramita, S.I.P., M.A (Pengamat Komunikasi Digital Untar).  Kegiatan ini diikuti dosen dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. -SW-

-JS-

19 November 2020, KS, PKM, LIT.

 

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week