Pilih Laman
Pemilihan Umum Ketua BEM Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara Periode 2021/2022 “Pemilu 705: Berbagi Suara”

14 Oktober 2020

Oleh: Admin Pusat

2

  

Kampus Merdeka sudah diterapkan di Untar semenjak akhir Agustus lalu. Sebagaimana yang divisikan oleh Mendikbud Nadiem, mahasiswa memang didorong untuk aktif di luar kampus, baik melalui magang, belajar mandiri, ataupun kegiatan PKM (Pengabdian kepada Masyarakat).

Pada 14 Oktober 2020, para mahasiswa Fikom Untar melakukan kegiatan PKM di SMK Sumbangsih Multimedia melalui program webinar yang bertemakan “Interaksi Komunikasi Hoaks di Media Sosial serta Antisipasinya.”

Menindaklanjuti berbagai  arahan  dari pemerintah tentang pencegahan penyebaran rantai virus Corona, kegiatan PKM ini dilakukan secara daring. Oleh sebab itu, selain pemaparan materi, terdapat sesi ice breaking, sesi tanya jawab, dan kuis untuk menjadikan kegiatan ini lebih interaktif.

“Terima kasih kepada SMK Sumbangsih Multimedia. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan mahasiswa pada kurikulum Kampus Merdeka. Tema webinar yang diangkat berkisar pada hoaks dan media sosial serta antisipasinya. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan gambaran dan pengetahuan kepada para siswa,” kata Ibu Sisca Aulia, S.I.Kom, M.Si., dosen Fikom Untar.

Pemaparan materi dalam acara ini dilakukan oleh Elisa Cecilia, mahasiswi Fikom dan juga Bu Sisca sendiri. “Berbicara soal hoaks, kalian harus memperhatikan sumber sebuah berita. Sumbernya dari mana? Bisa dipercaya tidak? Hindari info-infodari sumber-sumber tidak jelas,” papar Elisa.

Tidak hanya soal hoaks, Bu Sisca juga memaparkan lebih jauh soal ciri-ciri generasi internet, media sosial, jenis-jenis media sosial, hingga pentingnya literasi media pada saat ini. “Pada generasi ini, penting bangetbagi kita untuk sadar akan berita hoaks. Jangan sampai kita mudah terpancing dengan berita hoaks, hingga akhirnya merugikan diri dan orang-orang disekitar kita.” (CA)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week