Pilih Laman
Together, Be a Leader

25 September 2020

Oleh: Admin Pusat

 

Memperkenalkan dan mengembangkan skill yang harus dimiliki oleh anggota-anggota baru sebuah organisasi memang sangat penting, terlebih pada era new normal ini. Begitu pun DPM Fikom Untar melalui acara training internalnya yang berlangsung secara daring pada 24 September 2020.

Kyla Malicckha Putri Gunarso, Ketua Pelaksana acara ini berkata, “Together be a leader sendiri memiliki arti yaitu bersama menjadi seorang pemimpin, artinya sudah jelas sekali bahwa melalui kegiatan ini diharapkan para peserta dapat dilatih kemampuan, pengetahuan dan keterampilannya pada saat mereka nanti berkomitmen di suatu organisasi.”

“Tentunya juga diharapkan para peserta mendapat suatu pengalaman dan nantinya dapat diaplikasikan saat aktif di organisasi ataupun menjadi seorang pemimpin,” lanjutnya. Training ini tidak hanya melatih penulisan proposal dan laporan akhir, tetapi sesi sharing oleh alumni DPM Fikom sendiri pun diadakan.

Menurut Kyla, “Berkat menjadi ketua pelaksana saya bisa mencoba untuk memegang kendali atas suatu kegiatan, belajar bagaimana menjadikan suatu acara itu berjalan dengan baik dan berhasil. Serta saya mendapatkan sebuah pengalaman dalam menyalurkan dan menyampaikan semua ide-ide melalui acara ini. Saya juga bisa lebih memahami bagaimana untuk bisa menciptakan rasa kerjasama yg tinggi dengan para panitia pendukung.”

Kyla berpesan, “Pertama, bekerjalah dengan sungguh dan mengerahkan seluruh kemampuan kalian. Selain itu, menurut saya kerja dengan jujur dan adil itu penting, apapun hal yang ingin dicapai akan berhasil jika kita memiliki niat yang baik. Bersaing di organisasi itu boleh namun jangan sampai lupa dalam menciptakan rasa solidaritas dan kekeluargaan.” Baginya, penting bagi para mahasiswa untuk menjalin relasi seluas-luasnya dengan orang dari organisasi luar dan mencoba untuk mengembangkan diri di berbagai organisasi kemahasiswaan. Dengan berinteraksi dan menikmati dinamika berorganisasi, pengalaman berkuliah dapat dirasakan secara maksimal. (CA)