Pilih Laman
Sambut 100 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Rektor Usulkan Perubahan Kurikulum

19 September 2020

Oleh: Humas UNTAR

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menjadi salah satu narasumber dalam acara “Penelaahan Naskah Arah Kompetensi Generasi 2045” yang diadakan Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP), Jumat-Sabtu (18-19/9).

Draft naskah Arah Kompetensi Generasi 2045 merupakan salah satu acuan dalam menyusun standar pendidikan untuk pendidikan dasar dan menengah di Indonesia dalam rangka menyambut 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Menurut Rektor, draft tersebut perlu ditelaah oleh para pakar dari berbagai bidang ilmu dan dari berbagai perguruan tinggi, sehingga dapat diberikan masukan yang komprehensif untuk lebih menyempurnakannya.

“Beberapa persoalan yang dihadapi adalah generasi yang akan belajar pada tahun 2045 sudah makin berbeda dengan generasi saat ini. Perubahan dalam dunia usaha, industri dan profesi, berkembangnya teknologi informasi yang makin advance dengan semua hal positif dan negatifnya yang meliputi big data, artificial intelligence, robotic, dan berbagai hal lainnya yang perlu diantisipasi dan disiapkan dengan baik,” ujar Rektor.

Rektor juga menuturkan perlunya pendidikan dalam bentuk lain. “Hal lain yang perlu dibahas dalam naskah adalah bagaimana peran keluarga sebagai tempat Pendidikan pertama dan utama, khususnya pendidikan karakter,” sambungnya.

Seminar yang disiarkan secara daring dihadiri pakar dan akademisi yang tergabung dalam BNSP. Hasil dari acara ini akan diolah menjadi draft final oleh BNSP sebelum diimplementasikan. -AW-

-JS-

19 September 2020, PKM, KS.

Berita terbaru

Agenda

17 Nov KBGI XIII
17 Nov Seminar Humaniora
24 Nov ICEBM