Pilih Laman
Untar Salah Satu Universitas Terbaik di Jakarta

2 September 2020

Oleh: Humas UNTAR

10

Untar memperoleh peringkat ke-3 dari 50 Perguruan Tinggi terbaik di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III, Provinsi D.K.I Jakarta Tahun 2020, yang diumumkan secara resmi pada Rabu (2/9).

Hasil ini berdasarkan hasil Klasterisasi Perguruan Tinggi tahun 2020. Sebelumnya, Untar diumumkan menempati peringkat ke-31 secara nasional dan ke-7 perguruan tinggi swasta pada Selasa (18/8).

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan secara khusus mengucapkan apresiasinya atas capaian ini. “Kami mengucapkan terima kasih atas kontribusi semua dosen, mahasiswa, karyawan, alumni, dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam peningkatan kualitas kegiatan tri dharma perguruan tinggi di lingkungan Untar, sehingga dapat memperoleh capaian reputasi seperti saat ini. Hal ini merupakan bentuk tanggung jawab kepada masyarakat yang telah memercayakan berbagai kegiatan dan memilih Untar sebagai tempat melanjutkan studi di perguruan tinggi,” ucapnya.

”Kami akan terus meningkatkan kualitas di berbagai bidang sehingga dapat mencapai prestasi yang lebih baik lagi di tahun mendatang, khususnya berbagai kegiatan yang mengarah pada reputasi international. Melalui kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan, Untar siap masuk ke reputasi international,” lanjut Rektor Untar Periode 2020-2024 yang baru saja dilantik Senin (31/8) silam.

Direktur Jenderal Dikti (Dirjen Dikti) Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D. menjelaskan bahwa tujuan utama klasterisasi perguruan tinggi berfungsi untuk menyediakan informasi kepada masyarakat umum tentang kualitas kinerja perguruan tinggi di Indonesia. “Klasterisasi menyediakan landasan bagi pengembangan kebijakan pembangunan, pembinaan perguruan tinggi serta untuk mendorong perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan,” jelasnya.

Prof. Nizam lebih lanjut mengungkapkan bahwa terdapat empat aspek utama yang digunakan untuk menilai kinerja perguruan tinggi pada klasterisasi tahun 2020 ini, antara lain mutu sumber daya manusia dan mahasiswa (input), pengelolaan kelembagaan perguruan tinggi (proses), capaian kinerja jangka pendek yang dicapai oleh perguruan tinggi (output), dan capaian kinerja jangka panjang perguruan tinggi (outcome).

Hal senada diungkapkan Kepala LLDIKTI Wilayah III Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc. “Klasterisasi disusun untuk perbaikan berkelanjutan untuk kinerja masing-masing Perguruan Tinggi secara holistik,” tuturnya.

Berdasarkan data yang dirilis Humas LLDIKTI Wilayah 3, Untar memiliki skor 2.166 di Klaster 2 Perguruan Tinggi, 2.360 untuk indikator input, 3.336 untuk indikator proses, 1.425 untuk indikator output, dan 1.678 untuk indikator outcome. -AW-

-JS-

2 September 2020, KS, PKM.

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week