Pilih Laman
Open House, Untar Tekankan Sikap Kebhinekaan

19 Agustus 2020

Oleh: Humas UNTAR

Menyambut tahun ajaran baru 2020/2021, Untar mengundang calon mahasiswa dalam acara Open House secara daring, Rabu (19/8).

Dalam paparannya, Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menekankan pentingnya sikap kebhinekaan. “Kami di Untar mengajarkan tentang kebhinekaan dan cinta tanah air dalam setiap aspek pembelajaran. Apa artinya belajar bila tidak diimbangi dengan rasa cinta akan kebhinekaan dan tanah air. Kedua nilai ini sesuai dengan nilai Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship yang selalu kami kembangkan,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Rektor memaparkan informasi umum terkait Untar dan implementasi Kampus Merdeka untuk menciptakan SDM Unggul Berjiwa Pancasila.

“UU no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 3 mengatur tentang tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab,” sambung Rektor.

“Kebijakan Kampus Merdeka di Untar dilaksanakan melalui banyak hal, seperti memberikan pengakuan kepada prestasi mahasiswa yang relevan dengan pengembangan profesional dan entrepreneurial dikonversi menjadi SKS, serta mengarahkan tugas akhir berbasis inovasi perancangan industri, kebutuhan dunia industri, dan profesional,” tutup Rektor.

Pada kesempatan yang sama, beberapa mahasiswa Untar membagikan kesan terkait pengalaman, perkuliahan, dan capaian mereka di hadapan orang tua dan calon mahasiswa.

Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain (DKV FSRD) Patrick mengatakan bahwa perkuliahan di Untar berkualitas. “Berkuliah di untar adalah pilihan terbaik untuk yang ingin memantapkan ilmu dasar di perkuliahan melalui program terapan seperti magang, student exchange, dan berorganisasi,” ungkapnya.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Alvin menyampaikan dalam Bahasa Inggris, pengalamannya terkait internasionalisasi di Untar. “Untar terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai institusi, baik nasional maupun internasional, sehingga mahasiswa Untar memiliki kesempatan untuk mengikuti program seperti magang di luar negeri atau student exchange,” ujar peserta Student Exchange Programme, Faculty of Law University of Malaya 2019 tersebut.

Staf Humas Untar, Jessica Stefanus yang fasih berbahasa Mandarin, turut menguraikan jejaknya di Untar. “Untar selalu memberi kesempatan bagi mahasiswanya mengembangkan skill di dunia profesional, bahkan sebelum lulus. Hingga kini, sebagai staff, saya merasa kesempatan itu masih ada,” tutur alumni Fikom yang lulus tahun 2018 tersebut. -AW-

-JS-

19 Agustus 2020, PKM, KS.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar