Pilih Laman
Peran Keluarga dalam Bisnis

14 Juli 2020

Oleh: Humas UNTAR

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untar bekerjasama dengan Asosiasi Manajemen Indonesia (AMA) cabang Lampung menyelenggarakan rangkaian Family Business Talk yang membahas seputar The Role of Family Business, Minggu (12/7). Webinar ini menghadirkan Founder Center of Family Business Studies (CFBS) Dr. Nyoman Marpa, Owner PT. Puspa Jaya Transport Ketut Pasek dan dimoderatori oleh dosen FEB Untar Bapak Arifin Djakasaputra, serta dihadiri Dekan FEB Untar Dr. Sawidji Widoatmodjo, S.E., M.M., M.B.A. dan Chairman AMA cabang Lampung, Dr. Alex Tribuana Sutanto.

Dalam pembahasannya kali ini, Dr. Nyoman Marpa menyampaikan bahwa, dengan pengelolaan yang baik, bisnis keluarga cenderung lebih bertahan ketika menghadapi krisis karena adanya peran keluarga yang turut serta membantu. “Pengelolaan keluarga yang baik akan memegang peran penting dalam bisnis. Keluarga mempunyai peran dalam manajerial karena rata-rata bisnis keluarga, top management-nya adalah family members. Secara finansial, keluarga menjadi pendukung utama apabila bisnis menghadapi krisis. Jaringan yang dimiliki anggota keluarga  akan menjadi sumber daya yang berguna. Dan keluarga juga berperan memberikan pengetahuan dengan tingkat pendidikan yang relatif baik dan anggota keluarga dapat dimintai pendapat dalam sebuah bisnis,” ujar Penulis buku Kiat Sukses Bisnis Keluarga.

Owner PT. Puspa Jaya Transport yang bermimpi mempunyai bisnis seperti Ciputra mengatakan bahwa dalam keluarganya ada 5 nilai yang secara turun temurun diajarkan kepada generasi penerus, yakni: kejujuran; rendah hati; hidup sederhana; disiplin, dan selalu bersyukur. Kelima nilai ini menjadi patokan pada bisnis keluarganya. “Bisnis keluarga ini seperti menanam sebuah pohon. Dengan yang diberi pupuk dan diperlihara dengan baik lalu bertumbuh besar, nantinya akan memberi hasil yang baik pula untuk saudara-saudara lainnya. Dengan networking untuk kemajuan bisnis yang dimiliki anggota keluarga, maka akan menjadi sebuah legacy dalam keluarga.”

Family Business Talk ini merupakan series keempat dari delapan series yang akan rutin dilakukan setiap minggunya, membahas seputar bisnis keluarga dengan para ahli. -JS-

-JS-

14 Juli 2020, KS.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar