Pilih Laman
Pendidikan Karakter untuk Generasi Penerus Bangsa

15 Juni 2020

Oleh: Humas UNTAR

FORGES (FORUM GAUDIUM ET SPES) mengadakan Forges in Zoom: Berbagi Sukacita dan Harapan, pada Senin (15/6). Webinar yang mengangkat tema “Indonesia Juara: Menciptakan Generasi Unggul, Nasionalis, dan Berdaya Saing Global”, menghadirkan Superior Generale Kongregasi MSF Rm. Agustinus Purnama, MSF, Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan serta Founder & CEO Damn I Love Indonesia Daniel Mananta dengan moderator Agustinus Andy Iwaniswanto.

Rm. Agustinus Purnama, MSF sebagai keynote speaker menyampaikan bahwa “Pendidikan bersifat antisipatif. Pada umumnya pendidikan dan pembinaan bertujuan secara sadar membekali seseorang agar siap hidup lebih baik sekarang dan dimasa depan dengan bertolak dari pengalaman masa lalu. Layaknya pemimpin, para pendidik perlu bersikap bijak karena sudah mengantisipasi atas dasar perhitungan ilmiah apa yang akan terjadi saat ini dan masa depan, dengan demikian para pendidik dapat menyiapkan generasi berikutnya,” ujarnya saat membahas perihal Menyiapkan dan Membina Generasi Unggul dalam Negara Pancasila.

Dalam kesempatan ini Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menyampaikan “Untuk menyiapkan generasi selanjutnya, kita perlu mengajarkan mahasiswa untuk berkolaborasi, mampu  menyelesaikan masalah, pantang menyerah, serta akselerasi bersama agar menghindari memperbesar kekuasaan individu. Di Untar, kami menanamkan jiwa integritas serta profesionalitas dan entrepreneurship untuk pendidikan karakter. Untar mendorong jiwa entrepreneur agar dapat membangun perekonomian.”


“Nasionalis itu bukan sekedar hapal Undang-Undang dan Pancasila saja, tapi ketika anda beraksi dan mempunyai lifestyle mencerminkan nasionalisme,” ujar public figure sekaligus Founder & CEO Damn I Love Indonesia Daniel Mananta. “Hakim terberat untuk saya ialah diri saya sendiri. Setiap harinya saya bergulat berusaha mengalahkan pikiran-pikiran yang mengusik dan mengintimidasi diri saya sendiri,” lanjutnya.
FORGES (FORUM GAUDIUM ET SPES) adalah Komunitas awam Katolik yang digerakkan oleh panggilan dan kerinduan untuk berbagi sukacita dan harapan bagi dunia. -JS-

-JS-

15 Juni 2020, KS.

Berita terbaru

Agenda

17 Nov KBGI XIII
17 Nov Seminar Humaniora
24 Nov ICEBM