Pilih Laman
Tips Mencari Pekerjaan di Tengah Pandemi Covid-19

10 Juni 2020

Oleh: Admin Pusat

Di tengah krisis ekonomi yang diakibatkan pandemi Covid-19, para mahasiswa yang akan lulus pada tahun 2020 mungkin akan kesulitan dalam mencari pekerjaan yang diinginkan. Akan tetapi seperti yang kita ketahui, great things never come from comfort zones, sebab zona nyaman terkadang membuat kita tidak bisa berkembang apalagi memperoleh hal besar yang kita impikan.

Mencari peluang di tengah krisis ini menjadi hal yang penting untuk meletakkan pondasi pertama bagi karir para mahasiswa. Dilansir dari glints.com, ada lima tips mencari kerja bagi fresh graduates saat pandemi ini yaitu: (1) Mulai menjalin koneksi online. Hal ini dikarenakan ada sebesar 70-80% pekerjaan yang tidak pernah diunggah secara online, melainkan tersebar dari mulut ke mulut. Pada saat keadaan memaksa untuk bekerja secara remote, tentu koneksi online menjadi penting dan dapat membuka peluang-peluang pekerjaan baru lainnya. (2) Memperbaiki media sosial. Dengan merapihkan media sosial pribadi, secara tidak langsung akan membentuk personal branding yang dapat menonjolkan diri lebih dari lainnya. (3) Latihan interview lewat video. Karena semua serba online, tata cara interview online menjadi salah satu hal penting yang dapat dipelajari. (4) Hati-hati memilih perusahaan. Pada saat pandemi ini, perlu memperhatikan perusahaan mana yang performanya baik walaupun di tengah krisis ini seperti perusahaan farmasi, perusahaan pengiriman, perusahaan telekomunikasi, dan lain-lain. (5) Pelajari cara bekerja secara remote. Bekerja di rumah tidak semudah bekerja di kantor karena membutuhkan tingkat kedisiplinan yang cukup agar tidak terganggu dari aktivitas menarik lainnya.

Ini lima tips mencari pekerjaan bagi fresh graduates yang dilansir dari glints.com. Semoga bermanfaat dan teruslah bersemangat! Di tengah kondisi yang tidak dapat diprediksi ini, sangat penting untuk mempersiapkan diri dengan berbagai kemungkinan, dan yang paling penting, jangan menyerah karena situasi ini tidak akan terjadi selamanya. (CA)