Pilih Laman
Hibah Penelitian: Wujud Profesionalitas Dosen Peneliti

10 Juni 2020

Oleh: Humas UNTAR

Kembali Rektor Universitas Tarumanagara Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan hadir menjadi narasumber dalam webinar yang diselenggarakan Ikatan Dosen Katolik Indonesia (IKDKI) bekerja sama dengan Universitas Tarumanagara. Webinar bertajuk Menyusun Proposal Hibah Penelitian ini dihadiri para dosen peneliti Katolik se-Indonesia (10/6) melalui aplikasi online meeting.

Dibuka dengan pemaparan pentingnya penelitian dilakukan seorang dosen, Rektor menjelaskan bahwa melakukan penelitian bukan hanya sebagai tanggung jawab tapi juga merupakan bukti profesionalitas dosen. Hal tersebut tentu membutuhkan teknik persiapan dan pelaksanaan penelitian yang baik.

“Penelitian harus dilakukan karena bukan hanya merupakan kewajiban, kebutuhan kenaikan pangkat dosen, kontribusi ke masyarakat, tapi juga merupakan tonggak pencapaian karir, menjadi rekam jejak, juga bukti keprofesionalan seorang dosen. Dalam mengimplementasikan, peneliti perlu jeli melihat dan menciptakan peluang, perlu adanya kesiapan proposal dengan roadmap serta logbook catatan pribadi yang jelas. Perlu juga kesiapan tim hibah, kesiapan kualifikasi dan kompetensi tim peneliti, kesiapan sarana prasarana pendukung, kesiapan dana pendamping atau inkind, perlu kejelasan sumbangsihnya untuk intitusi tempat kita bekerja, juga kesiapan publikasi hasil luaran penelitian,” jelasnya.
Sesuai dengan peraturan Mendikbud nomor 3 tahun 2020 pasal 46 dan 47 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, hasil penelitian di perguruan tinggi diarahkan dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa, maka hasil penelitian harus dapat digunakan untuk membangun dan mengembangkan masyarakat.
Selanjutnya Rektor menekankan pentingnya penelitian yang sesuai bidang ilmu, linier antara pendidikan, pengajaran dan publikasi serta sesuai dengan roadmap penelitian bidang ilmu sehingga tampak kekhasan dan keahlian dari peneliti yang menjadi rekam jejak positif bagi dosen tersebut.
Harus menjadi perhatian para peneliti untuk memperhatikan etika penelitian sesuai dengan pedoman etika dan komisi etik.
Melalui webinar ini, para partisipan dapat memahami tidak hanya mengenai penyusunan proposal hibah penelitian Dikti tapi juga mendapatkan insight teknik perencanaan dan pelaksanaan penelitian serta termotivasi menjalankan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dan pembangunan masyarakat. -SW-

-JS-

10 Juni 2020, KS – LIT.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar