Pilih Laman
Untar Siap Bantu Pemerintah Tangani Covid-19

29 Mei 2020

Oleh: Humas UNTAR

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan bersama Ketua Yayasan Tarumanagara Dr. Gunardi, S.H., M.H. melakukan peninjauan persiapan akhir pembukaan Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR), Jumat (29/5) di Kampus I Untar.

Laboratorium PCR ini merupakan hasil konversi Laboratorium Tarumanagara Human Cell Technology (THCT) FK Untar. Selama ini, laboratorium THCT difungsikan sebagai laboratorium praktik mahasiswa kedokteran.

“Wabah Covid-19 yang terus merebak dan menjadi pandemi melatarbelakangi awal laboratorium ini difungsikan menjadi salah satu laboratorium yang dapat digunakan untuk melakukan uji sampel Covid-19. Untar terpanggil untuk membantu Pemerintah dengan memanfaatkan fasilitas yang sudah ada di Untar,” ucap Rektor.

Rektor juga menjelaskan laboratorium ini dapat mulai melayani sampel tes mulai 2 Juni mendatang. “Membutuhkan waktu kurang lebih satu setengah bulan untuk mempersiapkan laboratorium ini sesuai standar WHO bersama Baermed Swiss. Setelah beroperasi, Laboratorium PCR Untar akan menerima sampel dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, RS Ciputra, dan RS rujukan utama Royal Tarumanagara,” tuturnya.

Menurut Kepala Laboratorium THCT Dr. dr. Siufui Hendrawan, M. Biomed., seluruh proses pengujian telah memenuhi standar perlindungan diri dan protokol kesehatan internasional. “Kami mengikuti standar perlindungan diri (APD kelas 3) telah sesuai standar WHO. Petugas laboratorium juga sudah terlatih untuk menangani bahan biologis berbahaya sesuai dengan GMP (Good Microbiological Practices). Seluruh proses pengerjaan akan dilakukan di dalam BSC (Biological Safety Cabinet) dan ruang bertekanan negatif BSL-2+ untuk mencegah terjadinya kontaminasi pada personil maupun luar ruangan,” jelasnya.

“Sebelas orang setiap harinya akan menguji sekitar 90 sampel menggunakan satu alat multiplex dan satu alat singleplex. Hasil dapat diketahui setelah 3×24 jam,” tambah Dr. Siufui.

Laboratorium yang dioperasikan tim FK Untar, THCT, dan volunteer ini menjadi respon Untar terhadap Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah RI. Laboratorium akan melakukan pengujian sampel setiap Senin hingga Sabtu untuk mempercepat hasil pengujian sampel yang ada. -AW-

-JS-

29 Mei 2020, PKM – LIT – KS.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar