Pilih Laman
Peduli Lansia, Untar Hadirkan E-Konseling

29 Mei 2020

Oleh: Humas UNTAR

Kelompok Lanjut Usia (lansia) adalah bagian dari masyarakat Indonesia yang harus diperhatikan dan  diapresiasi. Universitas Tarumanagara (Untar) melalui Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi (PBKP) mengambil peran lebih bagi lansia, tidak saja melalui program atau kegiatan peduli lansia serta fasilitas sarana prasarana kampus ramah bagi lansia, tapi juga hadir bagi Lansia setiap saat yaitu dengan adanya sebuah layanan konseling.

Seperti tema Peringatan Hari Lansia Nasional 2020 “Negara Hadir untuk Lansia”, Untar pun hadir dengan layanan E-konseling bagi lansia. Diresmikan oleh Rektor pada Jumat (29/5), bertepatan dengan Hari Lanjut Usia Nasional.

E-konseling yang tidak berbayar berbasis online melalui telepon atau email ini, dipersembahkan dalam rangka mendukung program Kementerian Sosial RI.

“Inilah wujud nyata kepedulian Untar terhadap kesejahteraan para lansia yang merupakan implementasi Untar untuk Indonesia, khususnya di momen Hari Lanjut Usia Nasional 2020. Untar sangat memperhatikan dan melaksanakan berbagai kegiatan terkait pemberdayaan dan pelayanan kepada lansia. Bahkan pengembangan keilmuan terkait penyakit lansia yaitu Geriatri telah menjadi fokus Fakultas Kedokteran dan Psikologi,” menurut Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan.

Geriatri merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran yang mempelajari keadaan-keadaan fisiologis serta penyakit-penyakit yang berhubungan dengan orang-orang lanjut usia dengan fokus pada penuaan dini dan tatalaksana penyakit terkait usia lanjut.

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI, Harry Hikmat pun turut menyambut positif fasilitas E-Konseling yang ditawarkan Untar dan menjadikan ini salah satu bentuk kegiatan Hari Lansia Nasional 2020.

Kepala PBKP (Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi) Untar, Meiske Yunithree Suparman, M.Psi., Psikolog, yang secara aktif mengkoordinir kegiatan-kegiatan bagi para lansia dan masyarakat berkebutuhan khusus, menambahkan bahwa Untar senantiasa menjalin kerja sama dengan berbagai organisasi atau komunitas lansia, mengembangkan program-program bagi lansia, serta selalu aktif melibatkan mahasiswa peduli lansia dalam kegiatan kunjungan dan magang ke panti werdha, memberikan psiko-edukasi kepada kelompok lansia, membuat materi infografis yang berguna bagi masyarakat, mengembangkan ketrampilan lansia dan bakti sosial untuk kelompok lansia, dan Pelayanan E-konseling  ditangani langsung oleh para psikolog ahli.

“Hari Lansia Nasional tahun ini menjadi momen tepat bagi Untar untuk mempersembahkan salah satu layanan terbaru kepada masyarakat, khususnya lansia, yaitu layanan konseling berbasis online, yang ditangani langsung oleh para psikolog dari Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi Untar bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Untar. Ke depannya, berbagai unit dan fakultas di Untar akan bersinergi menciptakan suatu lingkungan belajar informal bagi lansia, agar lansia juga bisa belajar dari Untar, sekaligus membagikan ilmu kehidupannya kepada civitas akademika Untar. “ jelasnya. -JS-

E-Konseling Untar untuk Lanjut Usia

Hub                              : 0812 9292 6296

Email layanan             : konsul.psikologi@untar.ac.id

Jam operasional          : 09.00 – 16.00

Alamat                          : Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi (PBKP)

                                         Untar Kampus I, Gedung L lantai 2

-JS-

29 Mei 2020, PKM.

Berita terbaru

Agenda

17 Nov KBGI XIII
17 Nov Seminar Humaniora
24 Nov ICEBM