Pilih Laman
Menjaga Jarak dengan Hoaks Di Tengah Pandemi Virus Corona

30 Maret 2020

Oleh: Admin Pusat

Bebas menyatakan pendapat bukan merupakan hal yang asing sekarang. Sudah menjadi hal yang normal untuk eksis di platform media sosial dan berlomba menyerukan pendapat. Seruan tersebut digaungkan dari berbagai sisi dan dari orang-orang yang memiliki background berbeda-beda pula. Di tengah kehidupan virtual ini pun lazim jika muncul berita-berita hoaks akibat kurangnya pemahaman atas pendapat yang diserukan individu tersebut.

Dilansir dari artikel dalam platform berita online yaitu Kompas.com yang ditulis oleh Ibu Sinta Paramita, SIP, MA, selaku dosen FIKom Untar. Penyeruan social distancing oleh pemerintah dilakukan dalam bentuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Tujuannya tentu untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Isu-isu mengenai asal muasal Covid-19, metode penyembuhan, dan hal-hal irasional yang belum terbukti kebenarannya melenggang mulus di media sosial kita saat ini. Di tengah kekacauan informasi ini, Ibu Sinta memberikan beberapa cara untuk melakukan social distancing, yaitu dengan:

Pertama, mengecoh pencarian dengan mencari hal-hal baru yang bersifat positif pada seluruh halaman media sosial atau search engine yang Anda gunakan. Lakukan pencarian kata kunci yang berbeda-beda secara terus-menerus.

Kedua, tidak melakukan klik, like, comment, dan share jika informasi serupa muncul tiba-tiba pada halaman media sosial Anda.

Ketiga, sistem hanya memastikan apakah Anda masih tertarik atau tidak dengan info tersebut.

Keempat, jika sistem masih memberikan hoaks, berilah tanggapan cepat untuk berpaling dari informasi tersebut.

Kelima, jika ingin mencari informasi terkait Covid-19, bukalah media online tepercaya yang menyajikan informasi dengan akurat dan bijak.

Keenam, melakukan cek fakta melalui website yang disediakan pemerintah Indonesia.

Menjaga jarak tentu merupakan hal yang sulit dilakukan, tetapi butuh dilakukan dalam situasi ini. (CA)

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar