Pilih Laman
Diskusi Smart City Bahas Masalah Perkotaan

24 Agustus 2019

Oleh: Humas UNTAR

Saat ini banyak kota-kota berkembang dan seiring dengan hal tersebut banyak masalah yang muncul. Program studi magister perencanaan Wilayah Kota (PWK) Fakultas Teknik Untar ingin membantu memecahkan masalah perkotaan yang semakin rumit tersebut salah satunya mengadakan diskusi panel  bertema “Future City Smart City Implementasi Teknologi Ke Dalam Kota Di Masa Depan”.

Hal tersebut disampaikan Ketua Prodi Magister PWK Ir. Liong Ju Tjung, M.Sc.  Sabtu (24/8) saat membuka diskusi di  kampus Untar.

Diskusi panel menghadirkan narasumber Kepala Akuisisi Produk Telkomsigma Rudi Darmawan Sinaga, S.Kom., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Setiaji, S.T., M.Si., President  Director PT. Astra Land Indonesia Wibowo Muljono  dan dosen sekaligus anggota Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia  Suryono Herlambang, SI, M.Si.

Dalam diskusi  Setiaji  mengemukakan bicara Smart City maka bukan hanya terkait soal jumlah orang dan digital literacy tapi bicara soal best quality of life, smart, safe dan sustainable.

Karena itu menurutnya, perlu adanya kolaborasi dengan start-up untuk membangun kota, dan mengembangkan potensi warga desa khususnya di bidang kewirausahaan atau entrepreneurship.

Sementara itu Rudi Darmawan menjelaskan setiap negara mengarah ke smart city yang menjadi prioritas tinggi dengan coverage connectivity sebagai hal paling mendasar. Digital transformation dengan IT sebagai disruptif membuat pasar baru, misalnya dengan banyak berkembangnya fintech.

Sedangkan Wibowo Muljono memandang  skill service manusia dalan keterhadiran teknologi tidak tergantikan.

Seminar yang dimoderatori alumni Magister PWK  Meyriana Kesuma, S.T., M.T. menjadi agenda rutin sekaligus dalam rangka penerimaan mahasiswa baru Angkatan ke 30 serta lebih mengenalkan prodi ini kepada masyarakat.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar