Pilih Laman
Pembicara University of Greifswald Prof. Wilhelm Steingrube Jelaskan Ekowisata yang Berkelanjutan

5 Juli 2019

Oleh: Humas UNTAR

Prof. Dr. Wilhelm Steingrube saat presentasi 

Prof. Dr. Wilhelm Steingrube dari  University of Greifswald, Jerman menyampaikan pandangannya terkait pengembangan ekowisata  pada Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences & Humanities (TICASH) 2019, akhir Juni lalu.

Dalam  presentasi  yang berjudul  “Current Issues and Technologies  on  Sustainable Ecotourism and Regional Development”,  ekowisata adalah hal yang penting karena  beberapa alasan yaitu menjadi fenomena sosial yang signifikan, digunakan sebagai instrumen kebijakan pembangunan, dapat mendanai konservasi di negara-negara berkembang; mengurangi dampak pariwisata di kawasan lindung, dan  meningkatkan manajemen lingkungan dalam pariwisata arus utama.

Ditambahkan,  ekowisata adalah yang paling dekat dengan “pariwisata ideal” tetapi  itu sangat bergantung dalam praktik pelaksanaannya.  Ia menekankan  agar  hati-hati terhadap istilah “ekowisata” sering digunakan hanya untuk tujuan pemasaran.

Profesor kelahiran  Zeven, Lower Saxony, Jerman ini banyak meneliti terkait geografi dan pariwisata serta pembangunan wilayah pedesaan termasuk juga metode penelitian sosial empiris.