Pilih Laman
Pesan Anti Hoaks di HUT ke 13 Fikom

25 Juni 2019

Oleh: Humas UNTAR

5

Dunia sosial kita dibangun dari komunikasi.  Kata-kata yang disampaikan melalui media sosial terlebih media massa akan membentuk dunia sosial bangsa Indonesia.  Dunia sosial yang dicemari dengan pesan-pesan yang berisi kebohongan (hoaks) harus dilawan karena bila dibiarkan akan merusak budaya dan mengancam peradaban.

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi  Dr. Riris Loisa., M.Si menyampaikan hal itu saat memberi sambutan pada peringatan ulangtahun ke 13 fakultas ini, Selasa (25/6) di kampus Untar.

“ Fikom Untar ingin turut berpartisipasi membangun Indonesia dalam perspektif ilmu komunikasi”, tambahnya.

Sementara itu Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan menyampaikan ilmu komunikasi harus mampu menyebar kebaikan kepada masyarakat karena mempunyai kemampuan untuk melakukan itu.

“Kita membutuhkan pakar komunikasi yang dapat mengkomunikasikan kebaikan dalam berbagai hal seperti  berperilaku jujur dan lainnya”, ujarnya.

Menurutnya daya tarik generasi muda untuk menekuni ilmu komunikasi masih besar dan ini menjadi peluang yang harus dimanfaatkan Fikom agar dapat berkontribusi nyata bagi masyarakat.

Perayaan HUT ini juga mengundang pegiat literasi, penulis buku dan duta baca Indonesia Maman Suherman yang membeberkan bahaya penyebaran hoaks di  Indonesia.

Dikatakannya,  dari Januari hingga Maret 2019 saja  telah tercipta 320 hoaks dimana di dalamnya terdapat 207 hoaks berbau politik.   Setiap hoaks politik dapat menyentuh 20.000 akun.

Maman juga mengingatkan masyarakat Indonesia yang masih rendah tingkat literasinya namun cerewet di media sosial dan ini menjadi potensi lahirnya hoaks.   “Seakan Kebenaran ditentukan bukanlah oleh kepakaran tapi oleh seberapa banyak orang ngomong”, ungkap alumni kriminologi UI ini.

Terkait dengan hoaks,  Maman mengajak mahasiswa  Fikom  agar  selalu menjadi perekat bukan peretak.

“Kalau kalian mau jadi peretak silakan sebarkan hoaks tapi kalau mau jadi perekat berbasis cinta kasih dan kebenaran bukan saja Untar yang senang tapi negeri ini”, pesannya.

HUT ke 13 ini Fikom juga memberikan penghargaan pada para alumni yang telah memberi kontribusi bagi almamaternya yaitu presenter Kompas TV Glory Oyong, reporter SCTV Kiwantoro dan videographer  profesional Tania Patricia Hendrika.

Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan

Dekan Fikom Dr. Riris Loisa

Maman Suherman

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week