Pilih Laman
Konferensi Internasional Forum on Urbanism Jawab Masalah Perkotaan

24 Juni 2019

Oleh: Humas UNTAR

Wakil Rektor Dr. R.M. Gatot P. Soemartono, S.E., S.H., M.M., LL.M. saat membuka IFoU

Fakultas Teknik Untar Jurusan Arsitektur dan Perencanaan melalui Magister Perencanaan Wilayah dan Kota menyelenggarakan The 12th Conference of International Forum on Urbanism (IFoU) yang berlangsung pada 24-26 Juni 2019 di Kampus I Untar.

IFoU merupakan jejaring universitas, lembaga penelitian, dan pusat studi yang didirikan untuk memperkuat kolaborasi internasional dalam bidang urbanisme.

Untar merupakan satu-satunya academic member yang berasal dari Indonesia. Inisiatif ini juga sejalan dengan misi Universitas Tarumanagara untuk menjadi universitas kelas dunia yang berkiprah dan berjejaring dengan universitas lain di dunia.

The 12th Conference of International Forum on Urbanism mengangkat tema “Beyond Urban Resilience” yang sesuai dengan kondisi perkotaan di Indonesia khususnya di Jakarta. Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan mampu menjawab permasalahan tentang pengembangan kota, menciptakan agenda baru yang lebih relevan dengan kondisi perkotaan, dan mengembangkan jejaring bidang arsitektur dan perencanaan kota dengan berbagai praktisi.

Chairman IFou Professor Juergen Rosemann mengatakan bahwa dengan adanya kolaborasi bersama Untar akan membantu mengarahkan kembali teori dan praktik ketahanan perkotaan serta memotivasi perspektif dan inisiatif baru untuk membuat pertahanan kota yang lebih tangguh.

Wakil Rektor Untar Dr. R.M. Gatot P. Soemartono, S.E., S.H., M.M., LL.M. dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan pentingnya konsep urbanisme untuk perkotaan dalam menghadapi keterbatasan lahan dan populasi penduduk yang padat.

“Tantangannya tidak hanya mengarah pada perencanaan kota, tetapi juga kepada para arsitek tentang bagaimana membangun infrastruktur yang mengakomodasi kenyamanan, keamanan, dan keindahan,” ujarnya.

Hadir sebagai pembicara Professor University of Tokyo Hidetoshi Ohno, Professor of Sociology Goldsmiths College, Univerity of London dan Urbanist Abdou Maliq Simone, Professor for Landscape Architecture Department of Architecture of The ETH Zurich Christophe Girrot, Peneliti dan Founder Sekolah Ekonomi Demokrasi (SED) Hendro Sangkoyo, Executive Director of the Rutgers Center for Green Building and Urban Planner Jennifer Senick, Professor of Sustainable Urban Planning and Urban Design at the Technical University Berlin and Chair of the CHORA Raoul Bunschoten.

 

Peserta IFoU