Pilih Laman
Research Week 2018 Tingkatkan Kualitas Penelitian dan Abdimas Dosen Untar

10 Desember 2018

Oleh: Humas UNTAR

Pameran Poster Hasil Penelitian

Kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam suatu perguruan tinggi.   Penelitian dan publikasi yang dilakukan dosen merupakan bentuk kontribusi bagi perguruan tingginya.  Melalui kegiatan tersebut  dapat meningkatkan reputasi perguruan tinggi maupun bagi dosen itu sendiri.

Pernyataan tersebut disampaikan Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan saat membuka kegiatan Research Week 2018 yang diselenggarakan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM)  Untar di auditorium kampus Untar, Senin (10/12).  Research Week diikuti seluruh dosen Untar dari berbagai fakultas.

“Research Week  merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada publik dengan menampilkan semua karya penelitian dan publikasi yang dihasilkan dosen selama satu tahun”, ujarnya.

Research Week diselenggarakan setiap tahun dalam rangka membangun atmosfir sekaligus  meningkatkan kuantitas dan kualitas  penelitian serta kegiatan pengabdian masyarakat di Untar.  Kegiatan ini terdiri dari pemberian penghargaan bagi dosen, pameran poster penelitian, evaluasi hasil penelitian hibah Kemenristekdikti dll.

Disampaikan Direktur PPM Untar Jap Tji Beng., Ph.D,  tujuan kegiatan Research Week adalah untuk publikasi dan pertanggungjawaban para dosen atas penelitian dan kegiatan pengabdian masyarakat,  sarana belajar dan saling berkomunikasi antar bidang ilmu yang diharapkan terjadi kolaborasi, serta memberikan penghargaan bagi dosen yang berprestasi.

Pada kesempatan ini, Dosen Psikologi Universitas Indonesia yang juga Editor in Chief Makara Hubs-Asia Dra. Corina D. Riantoputra., M.Com., Ph.D menjadi keynote speech pada seminar mengenai “Strategi Penelitian dan Abdimas Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Publikasi di Era Revolusi Industri 4.0”

Selain seminar, pada pembukaan Research Week juga diberikan penghargaan bagi dosen-dosen yang telah menghasilkan karya penelitian dan publikasi dalam berbagai kategori diantaranya; kategori dosen yang menghasilkan tulisan di jurnal dan prosiding, dosen penerima hibah Kemenristekdikti, dan dosen dengan H – index Scopus > 2.

Penghargaan ini diberikan untuk mengacu pada standar yang telah ditentukan Kemenristekdikti untuk memberikan dorongan semangat bagi dosen untuk menghasilkan karya-karya yang sesuai standar nasional maupun internasional.

“Penghargaan ini merupakan bentuk komitmen Untar dalam menfasilitasi kegiatan ilmiah bagi para dosen sehingga setiap tahunnya dapat dihasilkan karya penelitian dan publikasi yang semakin banyak dan bermanfaat bagi masyarakat luas”, jelas Prof. Agustinus yang juga menerima beberapa penghargaan di kegiatan ini.

Dra. Corina D. Riantoputra., M.Com., Ph.D saat menjadi pembicara seminar

Dosen Penerima Penghargaan