Pilih Laman
Konferensi Fikom Untar Bahas Etika Komunikasi Kontemporer

15 November 2018

Oleh: Humas UNTAR

Wakil Rektor Dr. R.M. Gatot P. Soemartono., SH., SE., MM., LL.M (tengah) bersama pembicara

Fakultas Komunikasi Universitas Tarumanagara (Fikom Untar) menyenggarakan Konferensi Nasional Komunikasi Humanis (KNKH) dengan tema “Etika Komunikasi Bisnis di Era Kontemporer”.

Tema ini diambil karena hak publik untuk  mendapatkan informasi yang benar sering tidak diindahkan akibat pertarungan kepentingan dalam hal politik, ekonomi, dan budaya. Disamping itu, adanya keprihatinan karena banyaknya kabar bohong (hoax) yang beredar akibat kurang mengindahkan etika dalam berkomunikasi.

DR. J Haryatmoko., SJ,  sebagai salah satu pembicara saat paparan

Konferensi yang dibuka Wakil Rektor Dr. R.M. Gatot P. Soemartono., SH., SE., MM., LL.M   mengundang pembicara; Pengajar Filsafat Etika dan Politik Romo DR. J Haryatmoko., SJ,  Ketua Dewan Pers  Yosep Stanley Adi Prasetyo, Janoe Arijanto (Praktisi Periklanan), dan  Dr. Eko Harry Susanto, M.Si (Dosen dan Fasilitator Komunikasi Publik Untar).  Bertindak sebagai moderator Nezar Patria (harian The Jakarta Post), Kamis (15/11) di auditorium gedung M kampus Untar.

Wakil Rektor dalam sambutannya mengatakan nilai yang dianut Untar adalah integritas, Profesionalisme dan entrepreneurship dan tema konferensi ini yang membahas mengenai etika sejalan dengan nilai-nilai tersebut.

Ia mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Fikom ini karena dapat lebih menumbuhkan atmosfer akademis di kampus.  Selain itu dapat memberi wawasan  bagi  peserta khususnya mahasiswa dalam memahami pentingnya etika dan integritas.

Disampaikan Dekan Fikom Dr. Riris Loisa, konferensi ini memberikan kesempatan untuk menyimak, merenungkan, dan mendiskusikan apa yang patut, tidak patut, dan apa yang ideal di dalam konteks komunikasi bisnis serta kehidupan kontemporer.

“Masalah etika seyogyanya menjadi momen perenungan bagi diri kita masing-masing,  mengenai apa yang patut, yang tidak patut, dan apa yang ideal untuk kita lakukan sebagai makhluk komunikasi yang beretika”, ujarnya.

Konferensi yang berlangsung dua hari ini diikuti dosen, mahasiswa, praktisi dan pengamat komunikasi.  Menurut Ketua Panitia KNKH Gregorius Genep Sukendro, kegiatan ini adalah bagian dari kerja dan karya pemikiran Fikom Untar untuk memberikan sumbangsih pada peradaban ilmu dan khususnya ilmu komunikasi.

KNKH 2018 didukung oleh Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI), Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom), dan Dewan Pers sebagai mitra pendamping.

 

Berita terbaru

Agenda

17 Nov KBGI XIII
17 Nov Seminar Humaniora
24 Nov ICEBM