Pilih Laman
Karya Mahasiswa Untar Raih Medali International Young Inventors Awards 2018

23 September 2018

Oleh: Humas UNTAR

Tim mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT) Untar berhasil meraih medali pada kompetisi internasional The 5th International Young Inventors Awards (IYIA 2018) yang berlangsung di Inna Grand Bali Beach Sanur, Bali  19-22 September 2018.

Wispowel, Kevin Suhendra dan Ricko Suanto berhasil meraih bronze medal untuk  inovasi yang mereka buat berupa dongkrak otomatis yang menggunakan tenaga listrik.

Ir. M. Sobron Yamin Lubis., M.Sc., Ph.D.,  dosen yang mendampingi mahasiswa saat ajang berlangsung  mengatakan teknologi yang diciptakan mahasiswa FT tersebut  sangat membantu pengemudi khususnya wanita dan difabel.

Alat ini berupa dongkrak mobil yang menggunakan motor listrik sebagai penggerak. Dongkrak tersebut menggunakan sumber tenaga dari aki yang dihubungkan melalui lighter di dalam mobil.

“Memudahkan pengendara karena  tidak perlu tenaga untuk memutar dongkrak saat ingin mengganti ban yang kempis”, ujarnya.

The 5th International Young Inventors Awards diselenggarakan Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) sebagai bentuk penghargaan terhadap innovator yang menciptakan produk inovasi.

Ajang ini juga bertujuan untuk membantu dan menghubungkan para innovator Indonesia agar dapat menunjukkan inovasinya baik berupa ide maupun produk di tingkat internasional.  Pesertanya berasal dari 15 negara diantaranya Turki, Thailand, Yordania, Rusia, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Cina, Polandia, Malaysia, India dan Indonesia.

Ketua Prodi Teknik Mesin FT Untar Dr. Steven Darmawan., ST,. MT., mengemukakan menjadi peserta di ajang seperti ini sangat baik karena mahasiswa dapat menerapkan hasil inovasi dan perancangan mekanikal berikut manufakturnya sekaligus mendukung dengan jiwa kewirausahaan.

“Kegiatan ini merupakan ajang  internasional sehingga mahasiswa dapat  banyak pengalaman berkomunikasi dengan peserta dari Negara lain sekaligus mempromosikan karya mereka”, tambahnya.

Rektor Untar Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan saat menerima mahasiswa penerima medali IYIA 2018 menyatakan generasi muda dapat memanfaatkan kegiatan seperti ini untuk menunjukkan hasil karya dan inovasi terkini  yang dapat memberikan  manfaat dan meningkatkan kualitas hidup pengguna serta masyarakat.

“Karya mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan program kreativitas mahasiswa Kemenristekdikti perlu diikut sertakan dalam kompetisi bertaraf internasional ini”, tambah guru besar teknik yang memegang beberapa hak paten tersebut.

Sebanyak 317 produk inovasi yang terdiri dari 157 karya internasional dan 160 karya nasional ditampilkan berupa sampel, prototype, maket, serta produk siap pakai atau jual.  Penilaian dilakukan melalui proses penjurian baik di tingkat nasional maupun internasional.

Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan bersama mahasiswa penerima medali IYIA 2018 

Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan bersama mahasiswa penerima medali IYIA 2018

(dikumpulkan dari berbagai sumber)

 

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar