Pilih Laman
Pamerkan Hasil Riset, Untar Ikut Serta IFEX 2018

13 April 2018

Oleh: Humas UNTAR

Untar ambil bagian dalam Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2018 yang merupakan pameran mebel dan kerajinan B2B (business to business) terbesar di Indonesia dan kawasan regional. Pameran ini hasil kerjasama Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI)

Pada ajang internasional yang berlangsung di Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran – Jakarta  9-12 Maret 2018 tersebut pavillion Untar menampilkan desain furnitur berbahan baku rotan hasil kolaborasi riset yang dilakukan dosen Untar Dr. Eddy Supriyatna Mz, M.Hum, Prof. Dr. Agusntinus Purna Irawan dan Jap Tji Beng, Ph.D. Melalui riset yang didanai Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dipamerkan tiga desain furnitur berbahan rotan yang bersifat knock-down dan mudah disusun.

Menurut Dr. Eddy Supriyatna, desain furnitur yang dihasilkan ini melalui proses riset multidisiplin baik dari sisi desain, kebutuhan industri dan pasar global. Berdasarakan riset didapat bahwa karaktek desain furnitur dunia saat ini cenderung bersifat praktis, mudah dan hampir semuanya identik. Intinya melalui hasil riset ini dikembangkan sebuah desain furnitur berbahan rotan yang lebih praktis, sederhana dan mudah dibawa.

“Selama pameran banyak calon pembeli dari luar negeri yang berminat untuk membelinya”, kata Eddy Supriyatna yang juga dosen pada program studi desain   interior  Fakultas Seni Rupa dan Desain Untar.

Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan- yang juga salah satu anggota tim riset-  mengatakan Untar akan selalu konsisten dalam menjalankan Tridharma perguruan tinggi. Salah satunya adalah menjalankan riset yang bersifat multidisiplin. Melalui riset ini diharapkan dapat memberi manfaat langsung pada dunia industri dan masyarakat.

Pemerintah sendiri menargetkan pasar ekspor produk furnitur dan kerajinan Indonesia pada 2018 bisa mencapai US$2 miliar dan pada 2019 nilainya ditargetkan mencapai US$2,5 miliar. Untuk merealisasikan target ini tentu dibutuhan dukungan dan kerjasama dari semua pihak yang terlibat baik dari sisi pemain industri, asosiasi dan pemerintah.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar